7 Langkah Amankan Tayangan Youtube untuk Anak-Anak

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 16 2250499 7-langkah-amankan-tayangan-youtube-untuk-anak-anak-N6ndVNHjr9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEDIA sosial memang menjadi tempat kita memperoleh informasi dan bersenang-senang. Apalagi, di tengah pandemi seperti ini, semakin banyak orang menonton layanan streaming.

Situs video streaming yang paling terkenal adalah YouTube. Di YouTube memang menyediakan jutaan video, tapi tidak lantas semua cocok ditonton oleh anak.

Jika anak-anak menonton tayangan yang tidak sesuai bukan tidak mungkin malah membuat mereka salah jalur. Sehingga, tidak sedikit orang tua yang khawatir ketika anaknya menonton video di YouTube.

Nah, sebagai orangtua, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar anak-anak tidak sembarangan menonton tayangan streaming di Youtube. Melansir Family Orbit, berikut cara mengamankan Youtube untuk anak-anak.

Gunakan mode terbatas

Sebenarnya YouTube telah membuat platform aman untuk anak. Namun, karena kurangnya informasi, beberapa dari Anda mungkin baru mengetahuinya.

Caranya, saat Anda masuk ke akun Anda, tekan tombol menu dan arahkan ke pengaturan. Di bagian bawah halaman, akan ada beberapa kotak drop-down, dan Anda akan menemukan Mode Terbatas lalu klik pada kotak dan nyalakan.

belajar online

Unduh YouTube untuk Anak-anak

YouTube Kids adalah aplikasi luar biasa yang pada dasarnya menghilangkan semua konten yang dibatasi usia. Cara kerjanya seperti Mode Terbatas namun sedikit lebih mudah.

Aplikasi gratis ini hanya akan menayangkan video untuk anak-anak, itu berarti tidak ada video berbahaya yang dapat mereka tonton.

Matikan pencarian

Anda bisa pergi ke pengaturan pada YouTube dan menemukan Izinkan Pencarian, kemudian Anda dapat mematikan fungsi ini. Sehingga anak-anak Anda tidak bisa mencari video baru dan hanya akan menonton apa yang Anda ingin mereka tonton.

Buat daftar putar Anda sendiri

Sangat mudah, Anda hanya membuka video dan menambahkannya di daftar putar. Jika Anda tidak memiliki Youtube Kids, maka hal ini akan membantu anak Anda menonton video yang Anda lihat dan dinilai baik-baik saja.

Buat akun untuk mereka

Jangan biarkan anak Anda memiliki akun yang sama dengan Anda atau kakak mereka. Karena, jika Anda menonton video yang ditujukan untuk orang dewasa maka YouTube akan merekomendasikan hal serupa di akun Anda.

Jadi sebaiknya Anda harus membuat akun sendiri untuk anak Anda. Selain dapat mengetahui kata sandi, sehingga Anda dapat menutupnya dari akun jika mereka melakukan kesalahan atau mulai menonton video yang dibatasi usia.

Jeda tontonan dan cari riwayat

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah menjeda lalu mencari riwayat tontonan. Riwayat tontonan pada dasarnya adalah jaminan untuk mengetahui dari semua yang anak-anak tonton.

Jika pencarian Anda tidak dimatikan, maka menjeda adalah ide yang cerdas. Ini akan menghentikan YouTube dari merekomendasikan video berdasarkan pencarian (rekomendasi video yang tidak cocok untuk anak).

Tandai video yang tidak pantas

Terakhir, Anda dapat membuat YouTube aman untuk anak-anak dengan menandai setiap video yang tidak pantas ketika Anda temui. Jika Anda memberitahu YouTube bahwa beberapa video tidak cocok untuk anak-anak, maka video itu berhenti muncul kepada anak-anak di bawah usia tertentu.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini