4 Ciri Ponsel Anda Diserang Malware, Kenali Sebelum Kecurian Data

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 16 2250591 4-ciri-ponsel-anda-diserang-malware-kenali-sebelum-kecurian-data-K4BssrMRxB.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEJAHATAN di dunia maya memang terus berkembang setiap harinya. Banyak orang-orang yang terus mengembangkan cara untuk mencuri data. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menanamkan malwarre.

Dilansir Malware Bytes, malware merupakan adalah software yang berperan sebagai kode untuk merusak sistem. Tujuannya, tidak lain adalah untuk mencuri, mengenkripsi, atau menghapus data Anda.

Bahkan, malware bisa mengubah atau membajak fungsi program, atau memata-matai aktivitas peranti Anda tanpa sepengetahuan atau izin Anda. Banyaknya bahaya ini disebabkan dari banyaknya pula jenis malware yang beredar, beberapa di antaranya virus, worm, dan Trojan.

Sayangnya, meski jenis malware dapat teridentifikasi, namun mengenali malware pada dasarnya tidak semudah itu, terutama pada ponsel. Meski begitu, dilansir CNET, Anda dapat mengenalinya dari beberapa ciri-ciri berikut ini:

Malware

Anda melihat iklan terus-menerus, apapun aplikasi yang Anda gunakan.

Terkadang, ketika Anda menginstall aplikasi Ads Blocker, aplikasi itu malah berperan sebagai malware, dan justru menghadirkan lebih banyak malware lainnya. Jadi hati-hati dalam memilih aplikasi.

Ikon hilang

Beberapa aplikasi yang tidak sesuai dengan standar Google atau yang bisa didapatkan di playstore, iconnya bisa menghilang ketika Anda menginstallnya. Jika hal ini terjadi, tidak diragukan lagi aplikasi tersebut adalah malware.

Baterai cepat habis

Periksa baterai Anda, jika tidak mengalami kebocoran tetapi kapasitas baterai lebih cepat habis dibandingkan biasanya, maka bukan tidak mungkin ada walware mengintai di ponsel Anda.

Aplikasi Asing

Mungkin Anda melihat aplikasi yang tidak Anda kenal di ponsel Anda, padahal Anda sendiri tidak pernah menginstallnya.

File terkunci

Jika ada file yang tiba-tiba tidak bisa digunakan, mungkin ini disebabkan oleh ransomeware dan umumnya mengunci penyimpanan eksternal seperti galeri foto.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini