Fakta-Fakta Misi China ke Mars, Wilayah Pendaratan hingga Fitur Tianwen-1

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 16 2251055 fakta-fakta-misi-china-ke-mars-wilayah-pendaratan-hingga-fitur-tianwen-1-XESQVzmdkp.jpeg (Foto: CNSA)

JAKARTA – China menjadi salah satu negara yang melakukan perjalanan luar angkasa menuju Mars melalui misi Tianwen-1. Tianwen-1 direncanakan untuk tiba di planet merah pada Februari 2021.

Dilansir Space, mengenai misi luar angkasa ini, China telah menerbitkan sebuah jurnal berjudul Nature Astronomy yang menjelaskan tujuan dan instrumen apa saja yang dibawa dalam misi tersebut.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui perihal misi Tianwen-1:

Nama Tianwen-1

Dilansir Space Flight Now, nama Tianwen pertama kali diperkenalkan oleh pejabat China pada April lalu yang berasal dari karya penyair Tiongkok kuno Qu Yuan (340-278 SM).

Wilayah Pendaratan

Tianwen-1 direncanakan untuk mendarat di Utopia Planitia, sebuah cekungan besar yang juga digunakan sebagai tempat pendaratan NASA Viking 2 pada 1976. Tempat pendaratan ini akan meliputi wilayah Isidis Planitia hingga gunung berapi besar bernama Elysium Mons.

Wilayah Utopia Planitia dipilih sebagai wilayah pendaratan karena memiliki ketinggian area yang rendah sehingga memungkinkan roket untuk mendarat dengan aman. Adapun wilayah ini dipilih karena memiliki reservoir es atau sebuah danau superior – danau terluas – yang tentunya mengandung banyak air.

Selain itu, wilayah ini berada pada lintang 20 hingga 30 derajat utara yang memberikan sinar matahari yang cukup untuk memberi daya pada rover seberat 240 kg.

Survey Global Planet Merah

Sebagai misi pertama, Tianwen-1 menjadi misi yang cukup ambisius, di mana China merencanakan untuk mengorbit, mendarat dan menjelajah dalam satu waktu guna menemukan fakta mengenai struktur planet Mars.

“Penyelidikan Mars pertama negara ini akan meliputi penyelidikan ilmiah tentang tanah, struktur geologi, lingkungan, atmosfer, dan air,” ucap Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA), dikutip Space Flight Now.

Pengorbit

Dilansir Space Flight Now, Pengorbit milik Tianwen-1 dilengkapi dengan tujuh buah instrument meliputi:

- Kamera Resolusi Sedang

- Kamera Resolusi Tinggi

- Radar Eksplorasi Bawah Permukaan Orbit Mars

- Spektrometer Mineralogi Mars

- Mars Magnetometer

- Mars Ion dan Penganalisis Partikel Netral

- Mars Energetic Particle Analyzer

Tujuh instrument ini akan membantu pengorbit untuk melakukan penelitian mandiri selama satu tahun Mars (687 hari waktu Bumi). Adapun pengorbit beroperasi dalam orbit kutub yang juga menggunakan teknologi Radar Eksplorasi Bawah Tanah Orbit Mars.

Dengan teknologi dan pelengkap itu, pengorbit akan melakukan beberapa tugas berupa pemetaan morfologi dan struktur geologi Mars; menyelidiki karakteristik tanah dan distribusi air es; serta mengukur ionosfer, medan elektromagnetik dan gravitasi.

Selain itu, ia juga akan mengirimkan tautan komunikasi kepada penjelajah sembari melakukan penelitiannya.

Rover

Sama dengan pengorbit, bajak milik Tianwen-1 juga dilengkapi dengan beberapa instrument tambahan. Namun untuk yang satu ini hanya memiliki enam pelengkap, diantaranya:

- Kamera Multispektral

- Kamera Medan

- Mars-Rover Radar Eksplorasi Bawah Permukaan

- Detektor Komposisi Permukaan Mars

- Detektor Medan Magnet Mars

- Monitor Meteorologi Mars

Keenam instrument ini akan membantu bajak melakukan penyelidikan karakteristik tanah dan distribusi air es, yang juga menganalisis komposisi bahan permukaan dan karakteristik iklim serta lingkungan di permukaan Mars.

Rencananya, rover Tianwen-1 akan beroperasi selama 90 hari Mars. 

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini