Hari Anak Nasional, Simak 10 Cara Aman Internetan

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 16 2251206 hari-anak-nasional-simak-10-cara-aman-internetan-fhE8xNkPIr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HADIRNYA internet memang membuat kita lebih mudah mencari informasi. Tapi banjir informasi dari inetrnet, terkadang membawa dampak negatif, lantaran kita akan kesulitan memilah informasi mana yang benar dan tidak.

Bahkan, beberapa informasi di internet dapat membahayakan bagi anak-anak yang masih kurang dalam pengetahuan mereka. Menurut laporan dari PCMag yang berbasis di AS, 76% orang tua khawatir tentang keamanan online anak-anak mereka dan memiliki kekhawatiran besar terhadap bahaya yang mereka hadapi.

Mengutip Heimdal Security, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keamanan Internet untuk anak-anak Anda:

Kenalkan anak tentang cybersecurity 

Anda bisa menjelaskannya dalam bahasa yang sederhana tentang ancaman online dan cara mengidentifikasikan mereka. Peran orang tua memang sangat penting untuk berbicara dengan anak-anak secara terbuka tentang ancaman online di internet.

Anda bisa membuat topik pembicaraan seperti seberapa banyak pengetahuan mengenai kemanan browsing, cara mengamankan akun email, blog yang bisa kita baca, cara aman dari penipuan online, dan cari tahu mengenai komputer yang terinfeksi.

Anak-anak

Tetapkapkan batas penggunaan dan waktu 

Jika Anda melihat anak Anda menjadi kecanduan begadang semalaman untuk berada di internet, itu bisa menjadi tanda untuk menetapkan batas penggunaan waktu yang dihabiskan di internet. Pastikan Anda memberi tahunya dengan jelas tentang waktu yang dapat mereka habiskan.

Pura-pura tak paham

Biarkan mereka mengajari Anda tentang plaform media sosial yang mereka gunakan atau video terbaru yang beredar di YouTube, berpura-puralah bahwa Anda tidak mengetahui banyak tentang internet. Ini adalah cara termudah untuk mendapatkan informasi tentang kebiasaan online mereka, sehingga Anda akan memahami riwayat penelusuran mereka.

Manfaatkan kontrol orangtua 

Solusi perangkat lunak ini bertindak sebagai pelindung online dan membantu orang tua memantau penggunaan Internet anak-anak dengan lebih baik. Anda bisa melacak situs yang dikunjungi, mengontrol waktu koneksi internet, atau memblokir web berbahaya dan melaporkan aktivitas online yang tidak biasa. 

Install antivirus 

Keingintahuan anak-anak membuatnya rentan mengakses tautan berbahaya atau mengunduh game dari lokasi web yang tidak dikenal. Sehingga Anda perlu menginstal solusi antivirus yang baik.

Update perangkat lunak 

Pastikan Anda memeriksa apakah sistem operasi Windows yang digunakan pada perangkat anak Anda memiliki semua patch keamanan terbaru dan tersedia yang diinstal, seperti browser, plugins, aplikasi desktop, dll. 

Karena penjahat cyber biasanya mendapatkan akses ke jaringan dan sistem dengan memanfaatkan kelemahan keamanan yang ditemukan dalam alat perangkat lunak populer seperti Adobe Flash, Java atau browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Google Chrome.

anti-malware

Jika Anda mendengar anak Anda mengeluh tentang masalah pelambatan, pop-up di seluruh layar, ini bisa jadi tanda peringatan infeksi malware. Sehingga solusi antivirus tidak lagi cukup untuk melindungi Anda dan keluarga Anda dari malware generasi berikutnya.

Amankan dari spying

Tidak jarang Wi-Fi rumah Anda tersambung dengan orang asing lain (akses yang tidak sah). Untuk mengamankan jaringan nirkabel di rumah Anda dari pengintaian, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat kata sandi yang kuat dan unik sehingga tetangga atau orang lain tidak dapat mengambil kendali atas data pribadi Anda.

Amankan dari wifi umum

Banyak jaringan publik Wi-Fi yang anak-anak gunakan ketika keluar rumah. Pastikan smartphone, laptop atau tablet yang mereka gunakan memiliki semacam perlindungan, seperti perlindungan anti-spyware atau antivirus agar perangkat lunak terlindung dari eksploitasi dan pelanggaran keamanan.

Hati-hati dengan orang asing

Kita harus mengajari mereka untuk menghindari berbicara dengan orang asing secara online, bagaimana membedakan antara berita palsu dan nyata, dan menjelaskan tentang risiko keamanan yang paling sering terjadi di luar sana.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini