Steve Wozniak Layangkan Gugatan ke YouTube Terkait Penipuan Bitcoin

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 16 2251423 steve-wozniak-layangkan-gugatan-ke-youtube-terkait-penipuan-bitcoin-XRrhXIs8PL.jpg (Foto: Business Insider)

JAKARTA – Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak melayangkan gugatan hukum kepada YouTube milik Google karena mengizinkan penipu menggunakannya sebagai bagian dari penipuan Bitcoin. Penipuan Bitcoin diyakini telah menghasilkan jutaan dolar dari orang-orang di seluruh dunia.

Dalam video konferensi yang diadakan Kamis, Wozniak menuntut salah satu perusahaan internet terbesar di dunia di pengadilan negara bagian California awal pekan ini. Gugatan tersebut juga mewakili 17 tersangka korban penipuan Bitcoin, termasuk 10 orang yang tinggal di luar AS.

Melansir Abcnews, keluhan 47 halaman itu berkisar seputar tipu daya yang telah menggunakan gambar Wozniak dan selebritas teknologi tinggi seperti pendiri Microsoft Bill Gates dan CEO Tesla Elon Musk untuk mengelabui orang-orang.

 
Baca juga: Apa Itu Smartphone Flagship?

Video penipuan itu tersebar di YouTube untuk menarik penonton mengirim bitcoin mereka ke alamat digital anonim, dan menjanjikan pengembalian dengan penggandaan dua kali lipat.

Wozniak mengatakan bahwa ia telah berusaha agar Google dan YouTube untuk mencegah penjajakan video palsu dengan nama dan fotonya sejak 10 Mei. Namun, situs itu tampaknya tidak dapat menghentikan penipuan yang secara terang-terangan berulangkali muncul kembali di situs setelah klip palsu dihapus, katanya.

Baik Wozniak dan salah seorang pengacaranya, Joseph Cotchett, mendesak anggota parlemen AS untuk berhadapan dengan CEO Google Sundar Pichai tentang mengapa YouTube tidak berbuat lebih banyak untuk menghentikan aktivitas penipuan di di situsnya ketika ia bersaksi di hadapan persidangan yang dijadwalkan Senin, 27 Juli.

YouTube mengatakan bahwa telah menghapus 2,2 juta video dan menghentikkan 1,7 juta akun selama tiga bulan pertama tahun ini terkait pelanggar kebijakan penipuan, namun tidak ada komentar tentang tuduhan spesifik Wozniak.

"Kami menganggap serius penyalahgunaan platform kami, dan mengambil tindakan cepat ketika kami mendeteksi pelanggaran kebijakan kami," kata YouTube dalam sebuah pernyataan, Kamis.

Pada April, mantan eksekutif Yahoo yang sekarang menjalankan perusahaan mata uang digital, Brad Garlinghouse, mengajukan gugatan federal YouTube dan Google dengan keluhan serupa seperti Wozniak. Kedua tuntutan menyatakan YouTube memungkinkan penipuan muncul di situsnya dengan penjualan iklan digital.

Menanggapi gugatan Garlinghouse pada Senin, YouTube mengatakan tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas video penipuan di bawah pasal 230 dari Communications Decency Act, undang-undang berusia 24 tahun yang melindungi perusahaan internet dari mengambil tanggung jawab atas materi yang di-posting oleh pihak ketiga (selama mereka menghapus konten ilegal).

YouTube akan mencoba membujuk seorang hakim untuk membatalkan tuntutan hukum Garlinghouse selama sidang yang dijadwalkan bulan depan.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini