Intel Tunda Perilisan Chip 7nm hingga Akhir 2022

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 23:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 16 2251777 intel-tunda-perilisan-chip-7nm-hingga-akhir-2022-holfOLkOmf.jpg (Foto: TechSpot)

JAKARTA – Intel resmi menunda perilisan chip 7nm pada rapat pendapatan tengah tahun, Kamis (23/7/2020). Penundaan ini disebabkan oleh adanya masalah produksi chip yang mengalami keterlambatan hingga 12 bulan.

Selain itu chip terbaru dikabarkan mengalami “cacat” atau penurunan hasil, sehingga Intel memprediksi bahwa chip 7nm setidaknya baru dapat dirilis pada akhir 2022 atau awal 2023.

“Waktu produk CPU berbasis 7nm perusahaan bergeser sekitar enam bulan terhadap target sebelumnya. Penggerak utama adalah hasil dari proses 7nm Intel, yang berdasarkan pada data terbaru, sekarang cenderung sekitar dua belas bulan di belakang target internal perusahaan,” terang Intel melalui press release, dikutip Toms Hardware.

Terlepas dari mundurnya rencana, chip 7nm saat ini dianggap sebagai teknologi paling canggih dalam daftar prosesor chip. Sehingga tentunya penundaan ini menjadi cukup disayangkan, mengingat sebelumnya Intel juga mengalami masalah penundaan pada produksi chip 10nm – meski kini produksinya sudah mengalami kemajuan.

Dengan penundaan dan kemunduran ini, Intel tampaknya akan mengalami masalah persaingan dalam pasar.

Mengingat salah satu pesaing Intel, AMD juga sebelumnya telah lebih dahulu merilis chip Ryzen 4000 yang berbasis architecture 7nm. Selain itu baru-baru ini Apple juga dikabarkan akan mulai berpindah dari chip prosesor milik Intel menjadi silicon 7nm berbasis ARM. Semakin memperburuk, Jim Keller selaku perancang chip 7nm juga dikabarkan telah meninggalkan perusahaan.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Dengan keterlambatan produksi dan masalah internal yang dialami Intel, tidak hanya kemunduran perusahaan, beberapa produsen PC juga akan turut mengalami penundaan produksi dari seri terbaru mereka. Pasalnya Intel merupakan penyuplai chip dari sebagian besar perangkat PC di pasaran, sehingga sudah pasti absennya 7nm akan berdampak pada model baru di pasaran.

Meski begitu sebagai langkah untuk meminimalisir masalah, Intel dikabarkan saat ini akan berfokus pada chip 10nm di mana dikabarkan saat ini perusahaan telah meningkatkan 20% proyeksi dari produk tersebut.

Selain itu dilansir The Verge, Intel juga dikabarkan akan merilis generasi ke-11 dari chip Tiger Lake, di mana produk ini akan berbasis 10nm++ dan prosesor generasi ketiga. Adapun setelahnya Intel direncanakan akan merilis produk pertama dari generasi ke-12 yang bernama Alder Lake, menjadikannya memiliki tiga chip yang masuk dalam antrean rilis hingga akhir tahun ini.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini