Daftar 4 Password Manager Bantu Keamanan Akun Anda

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 16 2251939 daftar-4-password-manager-bantu-keamanan-akun-anda-pt1FtlRFY1.jpg (Foto: Wired)

JAKARTA – Jika Anda memiliki banyak akun, mulai dari e-mail, sosial media, atau bahkan akun berlangganan game, tentunya password menjadi salah satu hal yang penting. Semakin banyak Anda menambah akun, semakin banyak pula Anda membuat kata sandi.

Tidak sedikit orang menggunakan kata sandi yang sama untuk setiap akun mereka. Hal ini tentunya memudahkan, namun pada dasarnya justru lebih berbahaya ketimbang Anda menuliskannya di secarik kertas dan mungkin suatu ketika bisa hilang.

Daripada mempertaruhkan keamanan akun Anda, ada baiknya Anda menggunakan aplikasi Password Manager (manajer kata sandi). Aplikasi sejenis ini dapat memudahkan Anda sekalipun kata sandi yang Anda miliki beragam dan sangat banyak.

Aplikasi sejenis ini akan membantu Anda mulai dari mengelola berbagai detail yang Anda butuhkan untuk login pada laman browser hingga memastikan keamanan dan kekuatan sandi yang Anda gunakan.

Pada dasarnya semua aplikasi tersebut serupa dan memiliki tugas yang sama. Jika Anda bingung, berikut ini empat rekomendasi manajer kata sandi yang dapat Anda perhitungkan, di mana satu sama lain memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

LastPass

Aplikasi satu ini menjadi yang terbaik karena menyediakan layanan gratis dan kompatibel dengan hampir seluruh aplikasi atau layanan yang mengharuskan adanya kata sandi. Tidak hanya itu, LastPass juga memberikan opsi keluarga yang memungkinkan Anda berbagi file dan folder serta mengelola kata sandi dan data pribadi anggota keluarga Anda hanya melalui satu dashboard.

Selai opsi berbagi dengan keluarga, masih banyak opsi lain yang bisa Anda dapatkan melalui LastPass, diantaranya VPN dan perlindungan pencurian identitas. Hanya saja, untuk fitur opsi-opsi tambahan itu Anda harus mengeluarkan biaya tambahan.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

1Password

Aplikasi satu ini sering mendapatkan skor tinggi dalam kategori manajer kata sandi karena kenyamanan dan kemudahannya. Melalui aplikasi ini Anda akan disuguhkan tampilan yang nyaman dan membuat Anda mudah untuk berpindah dari satu peranti ke peranti lainnya.

Selain memberikan tampilan yang nyaman, 1Password juga memberikan kemudahan untuk pengguna dengan memberikan perlindungan biometrik, di mana Anda dapat masuk akun menggunakan sidik jari atau pengenal wajah.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan sistem tag yang membuat data Anda lebih terorganisir sehingga data menjadi lebih sederhana dan rapi.

Adapun kekurangannya hanya satu, aplikasi ini tidak menyediakan layanan gratis seperti LastPass. Akan tetapi, Anda tetap dapat mencoba tanpa membayar selama 30 hari sebelum melanjutkan langganan berbayar.

Dashlane

Sama seperti 1Password, Dashlane menjadi aplikasi manajer kata sandi lainnya yang masuk dalam jajaran terbaik. Aplikasi ini dapat digunakan baik di iOS, Android, MacOS, dan Windows.

Keunggulannya terletak pada penawaran untuk memantau web gelap saat Anda melakukan login di berbagai laman atau layanan.

Meski begitu sebagaimana yang sudah disebutkan, Dashlane berbeda dengan LastPass dan sedikit mahal dari 1Password. Selain itu, aplikasi ini hanya dapat digunakan pada satu peranti saja.

Bitwarden

Membicarakan aplikasi manajer kata sandi terbaik, tentunya Bitwarden termasuk di dalamnya. Sama seperti 1Password, aplikasi satu ini menyediakan dua layanan berbeda. Layanan gratis dapat Anda gunakan namun hanya untuk mengakses fitur utamanya saja, sedangkan fitur tambahan dapat Anda akses jika berlangganan berbayar.

Meski begitu, harga tersebut menjadi yang termurah dalam jajaran layanan berbayar.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda untuk berbagi kata sandi dengan aman dan menyediakan Anda kata sandi baru yang lebih kuat. Sayangnya aplikasi ini tidak dilengkapi dengan VPN dan peringatan pelanggaran data.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini