Twitch Blokir Profesional Gamer dan Streamer ZeRo, Ini Penyebabnya

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 16 2251978 twitch-blokir-profesional-gamer-dan-streamer-zero-ini-penyebabnya-192pEzMmly.jpg (Foto: Gamerant)

JAKARTA – Seorang pemain game profesional bernama Gonzalo, atau fans biasa mengenalnya “ZeRo” telah dilarang untuk melakukan siaran di platform Twitch sejak 22 Juli, dikutip Comic Book.

Pelarangan ini dilakukan setelah ia mengaku telah melakukan pelecehan kepada anak di bawah umur. Ia lakukan dalam rupa pesan tidak senonoh. Meski sudah dilarang, beberapa penggemar cukup mempertanyakan lamanya tindakan yang dilakukan oleh Twitch, padahal jauh sebelum ia mengaku, beberapa fans sudah mulai curiga dan memberikan tuduhan.

Namun Twitch mengaku, lamanya waktu hingga memakan 18 hari karena kasus serupa tidak hanya terjadi satu atau dua kasus saja, sehingga pemilahan prioritas dibutuhkan.

"Memprioritaskan kasus yang paling parah dan akan mulai mengeluarkan suspensi permanen sesuai dengan temuan kami segera," terang Twitch dikutip Gamerant.

 
Baca juga: Ketahui 7 Tingkatan Rank di Game Mobile Legends

ZeRo bukanlah satu-satunya yang terseret dalam kasus pelecehan di komunitas gamer profesional. Sebelumnya beberapa nama seperti Cinnamon “Cinnpie” Dunson, Nairoby “Nairo” Quezada, dan Jason “ANTi” Bates menjadi nama yang turut dilaporkan.

Bahkan seorang pemain lainnya bernama D’Ron atau “D1” dituduh melakukan pemerkosaan dan pelecehan. Keempatnya merupakan pemain top di komunitasnya, sama halnya dengan ZeRo yang dikenal sebagai pemain Brawl Super Smash Bros terbaik.

Terlepas dari tuduhan dan pelarangannya, hingga kini belum diketahui apakah ZeRo benar-benar dihapus dari daftar Twitch atau hanya mendapatkan larangan sementara. Namun sejauh ini ia telah melarang dirinya sendiri untuk untuk turut dalam berbagai turnamen atau acara Super Smash Bro yang akan datang.

Sebelumnya ia sudah dikeluarkan dari timnya “Tempo Storm” dan dilarang melakukan siaran oleh Facebook Gaming.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini