Ini Persiapan NASA Jelang Misi Mars pada 30 Juli

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 16 2252513 ini-persiapan-nasa-jelang-misi-mars-pada-30-juli-NjHpAJuGrz.jpg (Foto: History)

JAKARTA – NASA akan meluncurkan misi Mars terbarunya, Mars Perseverance Rover pada 30 Juli dari Cape Canaveral, Florida. Persiapan yang dilakukan NASA sebelum peluncuran adalah menempatkan pasokan tenaga nuklir di dalam rover.

Melansir Slashgear, NASA mengonfirmasi minggu ini bahwa mereka menginstal generator multi-mission radioisotope thermoelectric generator (MMRTG) ke dalam rover. MMRTG diaktifkan pada saat perakitan karena sumber radio terus-menerus menghasilkan panas, sementara perangkat termoelektrik solid-state berubah menjadi tegangan.

Kemudian, tegangan yang dihasilkan digunakan untuk menyalakan instrumen dan sensor di atas rover. Sumber daya spesifik di dalam MMRTG rover Mars Perseverance rover adalah plutonium-238.

Pembusukan material akan menghasilkan panas yang diubah menjadi sumber listrik 110 W. Lalu listrik, memberi daya pada dua baterai lithium-ion di atas rover.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

NASA berharap sistem tenaga mampu beroperasi hingga umur 14 tahun. Meskipun begitu, sebenarnya rover dijadwalkan akan berlangsung kurang dari dua tahun.

Hal menarik lainnya dari Perseverance Rover adalah ia akan membawa Ingenuity Mars Helicopter (jika berhasil maka bisa membuka jalan baru untuk dieksplorasi di masa depan).

Salah satu tujuan utama dari misi ini adalah mencari tanda-tanda kondisi yang dapat dihuni di Mars Kuno dan mendeteksi indikasi kehidupan mikroba masa lalu.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini