Teleskop Luar Angkasa Hubble Tangkap Foto Planet Saturnus

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 16 2252685 teleskop-luar-angkasa-hubble-tangkap-foto-planet-saturnus-OXJ3fkHxCm.jpg (Foto: Slashgear)

JAKARTA - Teleskop Luar Angkasa Hubble, pada awal Juli 2020 menangkap bidikan baru dari planet Saturnus. Gambarnya begitu tajam dan jelas sehingga hampir seperti gambar seniman, membuat NASA menegaskan bahwa itu gambar sesungguhnya dari planet cincin.

Struktur cincin konsentris di sekitar planet terlihat sangat jelas secara terperinci. NASA mengingatkan bahwa struktur cincin di sekitar Saturnus terdiri dari bongkahan es mulai dari ukuran bintik debu hingga batu-batu besar.

Melansir Slashgear, gambar itu diambil oleh Hubble pada 4 Juli 2020, ketika Saturnus berjarak 839 juta mil dari Bumi. Gambar juga menunjukkan musim panas yang berada di belahan Bumi utara planet ini.

Selain itu, hasil pengamatan Hubble, gambar menunjukkan beberapa badai atmosfer kecil yang bersifat sementara, datang dan pergi setiap tahun. Dari hasil pengamatan, pita belahan Bumi utara terlihat tetap dan hampir identik dengan apa yang diamati Hubble 2019, meski begitu, NASA menujukkan bahwa beberapa pita terlihat berubah warna dari tahun ke tahun.

Baca juga: Guncangan Dahsyat Awali Peristiwa Kiamat Dijelaskan Alquran dan Sains

Sebagian besar atmosfer Saturnus terdiri dari hidrogen dan helium dengan jejak ammonia, metana, uap air, dan hidrokarbon yang memberikan warna kuning-coklat. Beberapa juga mencatat adanya kabut yang sedikit merah di Bumi belahan utara ini, para ilmuwan percaya ini mungkin akibat peningkatan pemanasan Matahari yang dapat mengubah sirkulasi atmosfer atau mungkin menghilangkan es dari aerosol di atmosfer.

Para astronom juga mengatakan penyebab kabut merah berpotensi karena meningkatnya sinar matahari selama musim panas mengubah jumlah kabut fotokimia yang dihasilkan. Menariknya, belahan Bumi selatan dari planet yang mengintip sedikit di bawah cincin memiliki semburat biru yang menunjukkan perubahan cuaca musim dingin.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini