Cegah Suara Bising, Google Meet Hadirkan Fitur Noise Cancellation

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 16 2252706 cegah-suara-bising-google-meet-hadirkan-fitur-noise-cancellation-nbplK2Ba4W.jpg (Foto: Search Engine Journal)

JAKARTA - Video call menjadi opsi pertemuan di tengah pandemi. Sayangnya tidak jarang kondisi lingkungan masing-masing peserta membuat pertemuan menjadi tidak kondusif, ada yang tenang, ada yang sangat bising.

Dilansir Gadgets Now, kini Google telah menghadirkan fitur Noise Cancellation yang dapat menghilangkan suara bising saat pertemuan berlangsung.

Dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI), suara-suara yang tidak diinginkan akan secara otomatis dihilangkan dalam siaran. Namun tidak perlu khawatir, hal ini tidak akan mengganggu tangkapan suara Anda saat berbicara.

Beberapa suara yang dihilangkan itu meliputi suara menutup pintu, suara Anda mengetik, atau suara orang yang berbicara di belakang Anda. Sehingga secara keseluruhan, fitur baru ini bertugas untuk menyaring suara-suara sayup yang mengganggu percakapan Anda.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Untuk saat ini, fitur Noise Cancellation baru tersedia dalam versi web dan dapat digunakan untuk pengguna Google Meet untuk G Suite Enterprise, G Suite Enterprise for Education, dan G Suite Enterprise Essentials. Jika Anda termasuk dalam kategori ini, berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Noise Cancellation:

1. Buka beranda Google Meet dengan cara bergabung dengan ruang obrolan yang sudah ada atau membuat ruang obrolan baru.

2. Pilih tombol tiga titik yang berada dipojok kanan atas halaman beranda

3. Pilih tombol Settings pada laman opsi yang terbuka

4. Pilih laman Audio

5. Cari opsi Noise Cancellation dan ubah pengaturan menjadi menyala dengan memindahkan bentuk bulat di kiri menjadi di kanan dan berubah hijau

6. Setelahnya, Anda cukup klik tombol Done

Sebagai tambahan, selain terbatas untuk pengguna G Suite, untuk saat ini fitur Noise Cancellation baru tersedia di beberapa negara seperti Australia, Brazil, Jepang, India, dan Selandia Baru.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini