Bikin Proyektor Sendiri dengan Bahan-Bahan Sederhana, Ini Caranya

INews.id, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 16 2252903 bikin-proyektor-sendiri-dengan-bahan-bahan-sederhana-ini-caranya-cLOizvDDnK.jpg (Foto: Wikihow)

JAKARTA - Perangkat proyektor bisa digunakan untuk menyaksikan film dengan layar lebih besar. Akan tetapi, harga perangkat ini bisa dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

Bila tidak ada proyektor di rumah, Anda bisa menciptakan proyektor sendiri di rumah. Dikutip iNews, Anda dapat membuat proyektor film rumahan sendiri menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah.

Ada beberapa barang yang perlu dipersiapkan untuk membuat proyektor sendiri di rumah. Misalnya, smartphone atau tablet, kotak sepatu, kaca pembesar, dan beberapa barang serta alat rumah tangga dasar.

Lantas bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak langkah-langkah membuat proyektor film sendiri di rumah dari bahan sederhana sebagaimana dirangkum dari Wikihow.

1. Persiapkan Lensa

Potong pegangan gelas pembesar dengan gergaji tangan. Beli kaca pembesar standar di departemen store. Posisikan kaca pembesar di tepi meja kokoh dengan pegangan menggantung di tepi meja.

Lalu, tempatkan gergaji tangan pada titik di mana gagang bertemu dengan kaca dan berikan tekanan saat Anda menggerakkan gergaji bolak-balik di atas gagang untuk melepaskannya.

Alternatifnya, Anda dapat menggunakan lensa kamera lama alih-alih kaca pembesar. Anda tidak perlu melepas pegangan jika menggunakan lensa kamera. Gunakan lensa yang tidak akan Anda gunakan pada kamera lagi. Pasalnya, Anda dapat merusaknya jika Anda mencoba melepaskannya dari proyektor film Anda nanti.

2. Persiapkan Kotak Sepatu

Perkuat sisi yang longgar pada kotak sepatu dengan lem. Temukan kotak sepatu lama dalam berbagai ukuran. Semakin kuat kotaknya, maka semakin baik. Anda ingin memastikan perangkat apa pun yang akan Anda gunakan seperti smartphone atau tablet pas di dalam kotak.

Jika kotak itu terbuat dari kardus tipis dan sisi-sisinya longgar, sejajarkan tutupnya dengan lem multiguna dan tahan ke bawah hingga menempel. Jika Anda bisa, gunakan kotak sepatu sneaker yang terbuat dari kardus tebal dan tidak memiliki penutup longgar yang perlu Anda perkuat.

3. Cetak Ukuran Kaca Pembesar di Ujung Kotak

Berdirikan kotak ke atas secara vertikal sehingga salah satu ujung kecil berbaring di atas meja. Tempatkan lensa Anda di dalam kotak dan cetak lensa dengan pensil, buat lingkaran di kotak Anda.

4. Gunting Lubang Kaca Pembesar yang Sudah Dicetak Menggunakan Pisau

Gunakan pisau utilitas untuk memotong dengan hati-hati di sepanjang garis jejak Anda sampai lingkaran seukuran lensa Anda sepenuhnya dihapus dari kotak. Jika Anda meletakkan kotak di atas permukaan saat memotong lubang, berhati-hatilah. Cobalah memotong lubang di meja kerja atau di tanah untuk menghindari kerusakan pada meja atau lantai dengan pisau utilitas Anda.

5. Tempatkan Lensa ke Dalam Lubang dan Rekatkan dengan Lakban atau Lem

Ambil lensa Anda dan masukkan ke dalam lubang, sehingga bagian yang Anda lihat sebagian ada di dalam kotak. Tempatkan potongan-potongan selotip di sekitar tepi lensa dan kardus untuk menahannya.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

6. Lapisi Bagian dalam Kotak Sepatu

Lapisi bagian dalam kotak sepatu dengan kertas konstruksi hitam. Ukuran panjang dan lebar sisi, bawah, dan tutup kotak sepatu Anda. Gunakan gunting, potong kertas konstruksi hitam agar sesuai dengan semua permukaan bagian dalam kotak Anda. Lapisi tepi kertas dengan lem multiguna. Lalu, lem satu per satu.

7. Setting Perangkat atau Smartphone

Berikan dua selotip pada sisi bagian ponsel lalu tempelkan pada sebuah sterofoam agar tidak copot. Anda juga bisa menyenderkan smartphone Anda menghadap ke arah lensa pembesar.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini