Teknologi Quick Charge 5, Pengisian Daya 50% dalam Waktu 5 Menit

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 16 2253467 teknologi-quick-charge-5-pengisian-daya-50-dalam-waktu-5-menit-qudZuiBu5i.jpg (Foto: The Verge)

JAKARTA - Qualcomm mengungkap teknologi Quick Charge 5. Teknologi ini kabarnya mampu mendukung pengisian daya secara cepat.

Pengisian daya perangkat hingga 50 persen hanya membutuhkan waktu 5 menit, dan mendukung lebih 100W daya pengisian di smartphone.

Menurut perusahaan, ini adalah pertama kalinya untuk “platform pengisian cepat yang layak secara komersial”. Seperti diketahui, 50% pada baterai kecil tidak sama dengan 50% pada baterai yang jauh lebih besar.

Melansir Engadget, Qualcomm tidak menentukan ukuran baterai dalam klaimnya. Dalam siaran pers perusahaan menyatakan bahwa akan menjalankan pengujian pada sel 4.500 mAh.

Kemudian berdasarkan tes tersebut, Qualcomm mengatakan Quick Charge 5, 70% lebih cepat daripada Quick Charge 4 dan “menawarkan 10 kali pengiriman daya dari Quick charge 1.”

Tidak kalah pentingnya, Qualcomm juga menyoroti fitur keamanan Quick Charge 5 yang menggunakan 12 voltase terpisah.

Sehingga perlindungan suhu akan berjalan lebih dingin 10 derajat celcius daripada Quick Charge 4. Standar terbaru akan mencakup perlindungan tegangan input USB pada 25V dan untuk kontrol daya eksternal melebihi 30V.

Selain itu, alat baru yang disebut “Qualcomm Smart Identification of Adaptability Capabilities" akan membantu "memaksimalkan efisiensi transfer daya, meningkatkan keselamatan dan membantu memperpanjang siklus masa pakai baterai."

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Bikin CV Gratis di Smartphone Anda

Jika Anda pengguna perangkat Quick Charge sebelumnya, tidak perlu khawatir karena Qualcomm mengatakan Quick Charge 5 akan kompatibel membuat Anda dapat menggunakan kabel lama Anda. Quick Charge 5 juga menggunakan Tipe-C sehingga memungkinkan dapat melihatnya di laptop yang kompatibel di masa mendatang.

Saat ini masih sedikit smartphone yang mendukung Quick Charge 4+, karena perlu didukung dengan chipset Qualcomm Premium Snapdragon 865 dan 865 Plus. Perusahaan mengatakan Quick Charge 5 sudah mengambil sampel dengan pelanggannya dan diharapkan muncul di perangkat komersial pada Q3 2020.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini