Spotify Group Session Izinkan Pengguna Dengar Podcast Bersama Teman

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 16 2253909 spotify-group-session-izinkan-pengguna-dengar-podcast-bersama-teman-16d2WvcRHF.jpg (Foto: Wired)

JAKARTA - Spotify resmi mengumumkan bahwa mereka memperbarui fitur Group Session. Dengan update ini, kini pengguna yang memiliki akses pada fitur tersebut dapat mendengarkan lagu atau siaran podcast secara bersamaan meski tidak berada dalam jarak dekat.

Dilansir Tech Crunch, fitur Group Session pertama kali dihadirkan pada Mei lalu. Melalui fitur ini beberapa pengguna dapat mendengarkan lagu atau siaran podcast yang sama selagi dalam satu grup dan radius tertentu.

Contohnya, Anda dapat mendengarkan lagu favorit bersama teman sekamar atau keluarga Anda melalui perangkat yang berbeda di waktu yang sama.

Sayangnya, pandemi yang sedang melanda dunia membuat jarak menjadi sangat terbatas. Bisa saja teman sekamar Anda kembali ke kampung halaman, atau justru Anda yang terjebak di asrama dan tidak bisa pulang, hal ini membuat “pesta” lagu Anda tidak dapat berlangsung.

 
Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Oleh karena itu, mencegah ketidaknyamanan ini, kini Group Session dapat Anda akses tidak peduli seberapa jauh jarak Anda dan mereka.

“Dalam inovasi terbaru kami, kami mengambil Group Session selangkah lebih maju dengan fungsionalitas baru yang memungkinkan pengguna Spotify Premium di seluruh dunia untuk menyetel ke daftar putar atau podcast yang sama secara bersamaan. Jadi, tidak peduli berapa pun jaraknya — baik terpisah sejauh enam kaki atau seribu mil — Anda dan anggota skuad Anda sekarang dapat masing-masing mendengarkan konten yang sama pada perangkat Anda sendiri (serta mengontrol pemutaran),” penjelasan Spotify dikutip dari Newsroom Spotify.

Untuk menggunakan fitur ini, pertama-tama Anda harus tergabung dalam layanan Premium. Jika sudah tergabung, Anda dapat membuat grup yang terdiri dari 2-5 orang dalam satu layanan putar. Layanan Premium ini juga harus digunakan oleh seluruh teman atau kerabat yang hendak Anda undang dalam grup. Jika hal ini sudah terpenuhi, Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini untuk memulai Group Session:

1. Akses laman layanan putar pada Spotify, pada laman ini pilih menu “Connect” yang terletak di suduh kiri bawah halaman

2. Setelah pilihan opsi terbuka, klik opsi “Mulai Sesi Grup”

3. Jika sudah, bagikan tautan Anda kepada maksimal empat orang

(Hal ini dapat dilakukan melalui pesan SMS atau pesan media sosial yang Anda miliki. Anda juga dapat menggunakan kode Spotify yang dapat dipindai)

4. Jika tiga langkah tersebut sudah dilakukan, Anda cukup menunggu teman atau kerabat Anda bergabung melalui tautan undangan yang Anda sebar.

Perlu Anda ketahui, siapapun dalam grup (baik host maupun tamu) memiliki kendali untuk menambahkan, menghapus, memutar, dan melewati daftar lagu yang tersedia. Setiap perubahan yang dilakukan seseorang akan langsung berlaku pada perangkat milik anggota lainnya. Inilah yang akan membuat Anda memiliki sensasi seolah berada dalam satu ruang yang sama.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini