Juli, Game Roblox Tembus 150 Juta Pengguna Bulanan

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 16 2254083 juli-game-roblox-tembus-150-juta-pengguna-bulanan-tOKgra3jb6.jpg (Foto: APKPure)

JAKARTA - Melalui Roblox Developers Conference (RDC) yang dilaksanakan secara virtual pada pekan lalu, pengembang game Roblox secara resmi mengumumkan bahwa game tersebut telah menyentuh angka 150 juta pemain bulanan.

Dilansir Tech Crunch, pertumbuhan ini menjadi salah satu yang signifikan mengingat pada Februari game tersebut berhasil mendapatkan sebanyak 115 juta pemain bulanan. Ini menandakan adanya peningkatan 45 juta pemain selama lima bulan.

Tidak hanya memiliki peningkatan jumlah pemain, dengan angka tersebut CEO Roblox David Baszucki juga memprediksi bahwa tahun ini setidaknya mereka akan menghasilkan USD250 juta (Rp3,6 triliun). Dengan jumlah sebesar itu mereka akan mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai USD110 juta (Rp1,6 triliun).

Prediksi peningkatan ini dikatakan optimis mengingat selain mendapatkan lonjakan pemain, Roblox mengklaim bahwa pada bulan Juni saja, sistem pembayaran Premium mereka mendapatkan penghasilan sebesar USD2 juta (Rp29 miliar).

Roblox merupakan seri game yang sudah dirilis sejah 14 tahun silam. Ia pertama kali diperkenalkan ke publik pada 2006 dan mendapatkan cukup bayak popularitas. Berbeda dengan seri game kebanyakan, ekspansi konten Roblox berasal dari komunitas penggemar mereka.

Dapat dikatakan Roblox berperan sebagai platform yang menampung kreasi para penggemar, dan tidak main-main, kreasi ini memiliki jumlah kunjungan dan pengguna yang cukup fantastis.

 
Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Salah satu yang mendapatkan cukup banyak perhatian di paruh pertama tahun ini adalah Roblox: Adopt Me! yang berhasil mencapai 1,6 juta pengguna dan 10 miliar kunjungan. Adapula ekspansi game lainnya bernama Piggy, game yang diluncurkan awal tahun ini telah dimainkan sebanyak 5 juta kali. Tidak kalah saing, Jailbreak yang dirilis pada April lalu juga berhasil mendapatkan 500.000 pengguna.

“Prestasi komunitas pengembang kami telah melampaui harapan kami yang paling tinggi. Saya sangat terkesan dengan pengalaman unik dan kreatif yang diperkenalkan pada platform Roblox. Fokus kami adalah memberikan pengembang alat dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk mengejar visi mereka dan menciptakan pengalaman yang lebih besar, lebih kompleks, lebih realistis dan secara kolektif membangun Metaverse,” ucap CEO Roblox David Baszucki.

Selain tiga game tersebut, masih banyak seri ekspansi lain yang berada di bawah naungan Roblox. Setidaknya hingga kini platform itu memiliki 354.000 pengembang yang tergabung dalam komunitas mereka.

Dengan jumlah dan pencapaian ini Roblox juga berencana untuk menghadirkan fitur baru yang memungkinkan 100 pengguna bergabung dalam kelompok untuk menciptakan kreasi baru.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini