Saingi Huawei, Penjualan Ponsel Apple Tumbuh 32%

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 16 2254357 saingi-huawei-penjualan-ponsel-apple-tumbuh-32-U1t7eUH996.jpg (Foto: Macworld UK)

JAKARTA - Hubungan Amerika Serikat (AS) dan China tampak tegang beberapa waktu belakangan ini. Meskipun demikian, hal ini tidak menghalangi produsen ponsel asal AS, Apple untuk menjual perangkat mereka di Negeri Tirai Bambu.

Dilansir Ubergizmo, menurut laporan dari Counterpoint Research, Apple merupakan brand smartphone dengan pertumbuhan paling cepat di Q2 2020. Berdasarkan data mereka, penjualan smartphone Apple tumbuh 32 persen year-over-year.

Angka tersebut mengalahkan Huawei yang tumbuh 14 persen YOY, sementara brand ponsel China lainnya seperti Vivo, Oppo dan Xiaomi justru melihat pertumbuhan negatif.

Ledakan pertumbuhan Apple ini berkat iPhone SE, yang harganya terjangkau, sehingga mendapatkan sambutan positif di pasar China.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Namun tampaknya, pertumbuhan Apple yang besar pada Q2 2020 di China tidak cukup untuk memberikan pangsa pasar yang besar di negara tersebut. Menurut Counterpoint, tampaknya pangsa pasar Huawei di China pada Q2 2020 berada pada 46%, sedangkan pangsa pasar Apple di negara tersebut adalah 9%.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa penjualan smartphone 5G di negara ini sebenarnya cukup baik, di mana satu dari tiga smartphone yang dijual di negara itu adalah 5G. Apple diharapkan untuk meluncurkan iPhone 5G akhir tahun ini, sehingga akan menarik untuk melihat bagaimana hal itu dapat mempengaruhi pangsa pasar perusahaan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini