Perjalanan NASA Perseverance ke Mars Tempuh Waktu 7 Bulan

Agregasi VOA, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 16 2254515 perjalanan-nasa-perseverance-ke-mars-tempuh-waktu-7-bulan-pHPEQeV4Vq.jpg (Foto: AP)

JAKARTA - NASA, badan antariksa Amerika Serikat (AS) tengah menyiapkan peluncuran misi luar angkasa Perseverance. Misi peluncuran direncanakan pada Kamis atau 30 Juli 2020.

Dikutip Voaindonesia, misi ketiga dan terakhir ke Mars musim panas ini siap diluncurkan. Wahana penjelajah paling rumit milik NASA akan mencari kehidupan di planet merah tersebut.

Wahana yang dinamai Perseverance, akan menyusul wahana dan orbiter China dan orbiter Uni Emirat Arab yang diluncurkan pekan lalu. Perlu waktu tujuh bulan untuk menempuh jarak 300 juta mil bagi pesawat antariksa itu mencapai Mars.

 
Baca juga: Ini Tanda-Tanda Kiamat dalam Penjelasan Alquran dan Sains

Begitu tiba di permukaan Mars, Perseverance akan mencari bukti kehidupan mikroskopis masa lalu di dasar danau kuno, dan mengumpulkan sampel bebatuan yang paling menjanjikan untuk diambil nantinya. NASA bekerjasama dengan Badan Antariksa Eropa untuk mengembalikan sampel itu ke Bumi pada sekitar 2031.

Upaya yang belum pernah terjadi itu akan melibatkan beberapa peluncuran dan pesawat antariksa serta biaya lebih dari $8 miliar.

Amerika masih menjadi satu-satunya negara yang berhasil mendarat di Mars. Jika semuanya berjalan baik Februari mendatang, Perseverance akan menjadi pesawat antariksa ke-9 Amerika yang beroperasi di permukaan Mars.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini