Misi Mars, NASA Konfirmasi "Mode Aman" pada Rover Perseverance

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 16 2255007 misi-mars-nasa-konfirmasi-mode-aman-pada-rover-perseverance-bKnKRvgs9S.jpg (Foto: NASA/JPL-Caltech)

JAKARTA - Badan antariksa Amerika Serikat (AS) merayakan suksesnya peluncuran robot atau rover Mars. Meskipun NASA tampak berhasil menempatkan rover pada jalur menuju Mars, badan antariksa sempat mengonfirmasi 'mode aman'.

Dikutip Sindonews, NASA mengonfirmasi bahwa Rover Mars Perseverance menyelinap ke "mode aman", karena perbedaan suhu yang tidak terduga.

"Data menunjukkan pesawat ruang angkasa itu telah memasuki keadaan yang dikenal sebagai mode aman, kemungkinan karena bagian dari pesawat ruang angkasa itu sedikit lebih dingin dari yang diharapkan. Sementara Mars 2020 berada dalam bayang-bayang Bumi," kata pejabat NASA dalam sebuah pernyataan.

"Semua suhu sekarang nominal dan pesawat ruang angkasa berada di luar bayangan Bumi," ungkapnya lagi.

Seperti diketahui, Rover Mars Perseverance 2020 diluncurkan menuju Planet Merah mengendarai roket Atlas V ke ruang angkasa dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida.

Penjelajah itu mengalami gangguan komunikasi ringan dan suhu setelah peluncuran, tapi masalah itu diperkirakan tidak akan merusak misi secara keseluruhan, kata pejabat NASA.

Baca juga: Mengenal Istilah NFC pada Smartphone Android

"Itu adalah peluncuran yang luar biasa, tepat waktu," kata Administrator NASA, Jim Bridenstine, selama konferensi pers pascapeluncuran.

"Kurasa kita dalam kondisi sangat baik. Itu hari yang hebat bagi NASA," katanya lagi.

Rover Mars Perseverance dijadwalkan untuk terbang lurus dan mantap selama dua pekan ke depan, setidaknya, sehingga tim memiliki waktu untuk mengembalikan pesawat ruang angkasa ke mode operasi normal sebelum penyesuaian lintasan pertama yang diperlukan dalam perjalanannya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini