Google Maps Hadirkan Fitur Profil Mirip Media Sosial

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 16 2255017 google-maps-hadirkan-fitur-profil-mirip-media-sosial-uRuKlh5h0W.jpg (Foto: XDA Developers)

JAKARTA – Google kembali berikan pembaruan fitur untuk Google Maps yang memungkinkan Anda mengikuti pengguna lain pada aplikasi. Dilansir Android Police, pembaruan ini diluncurkan secara global pada Kamis (30/7/2020) dan menjadi perpanjangan tangan dari fitur uji coba terbatas yang sudah hadir pada tahun lalu.

Sebelumnya, pengguna hanya dapat mengikuti pemandu lokal terpilih untuk mendapatkan rekomendasi tempat di sekitar mereka. Dilansir Search Engine Journal, kini pengguna akan diberikan kebebasan untuk memiliki akun profil mereka sendiri dan dapat mengikuti siapapun.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Semua foto, ulasan, atau daftar akan tertaut pada akun profile, lengkap dengan tombol “ikuti” dan jumlah pengikut yang serupa dengan tampilan milik Twitter atau Facebook.

“Hari ini kami memperluas fitur ini dan mulai meluncurkannya secara global. Jika pengguna Google Maps telah berbagi foto, ulasan, atau daftar secara publik, Anda sekarang dapat mengikuti mereka dan mendapatkan rekomendasi, saran, dan pembaruan yang dikirimkan ke tab Pembaruan di Google Maps. Jadi, lain kali Anda menemukan seseorang berbagi foto bermanfaat dari menu takeout, daftar praktis taman paling luas di kota Anda, atau foto-foto inspiratif dari toko-toko dan layanan lokal, Anda dapat mengikuti semua rekomendasi mereka,” dikutip dari website resmi Google.

Mengingat fitur ini serupa dengan Twitter dan Facebook, Anda juga dapat membuat segala tautan rekomendasi menjadi privat atau terbatas untuk orang-orang tertentu. Sehingga dengan ini Anda juga dapat memilih siapa saja yang boleh dan tidak boleh mengikuti profile Anda secara manual.

Selain itu Google juga menyediakan fitur filter topik yang akan memudahkan Anda untuk mencari rekomendasi populer dengan mudah. Tidak lupa, Anda dapat menambahkan tagline pada akun serupa dengan bio pada Instagram.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini