Daftar Aplikasi untuk Pesepeda, Bisa Diunduh di App Store dan Play Store

INews.id, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 02 16 2255649 daftar-aplikasi-untuk-pesepeda-bisa-diunduh-di-app-store-dan-play-store-gv535QeWwr.jpg (Foto: Quad Lock)

JAKARTA - Sepeda tampaknya kini menjadi tren dan digandrungi oleh masyarakat. Berbeda dengan kendaraan bermotor yang mengeluarkan asap atau polusi udara, sepeda lebih ramah lingkungan dan menyehatkan badan.

Dikutip iNews, berikut 5 aplikasi yang tersedia di App Store dan Play Store untuk pesepeda.

1. Map My Ride GPS Cycling Riding

Aplikasi ini berguna untuk mencatat, menganalisis, dan memotivasi pesepeda dalam bersepeda. Tak hanya untuk bersepeda, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk kegiatan berlari, jalan, gym, dan lainnya.

Menariknya adalah adanya fitur feedback suara, fitur yang membuat smartphone berbicara untuk jarak, kalori, ketinggian, pace, dan rute. Aplikasi ini juga bisa dipakai dengan perangkat lain, terhubung juga dengan aplikasi fitness dan peta.

2. Cyclemeter Cycling Running GPS

Aplikasi ini menampilkan data, grafik, tabel yang sangat powerful dan statistik. Banyak sekali pilihan tampilan yang bisa dilihat dan bisa diganti sambil bersepeda seperti Strava, Facebook, dan lainnya.

Aplikasi ini tidak membutuhkan pendaftaran lewat website, dan tidak ada area member di websitenya, semua data tersimpan dan penggunaan hanya di smartphone dan cloud.

Hal ini untuk pengamanan data yang lebih bagus, karena penggunaan aplikasi lewat desktop atau notebook lebih rawan untuk kebocoran data bersepeda dan pribadi.

Baca juga: Apa Itu Smartphone Flagship?

3. Relive: Your Outdoor 3D Videos

Relive adalah aplikasi untuk membuat rute aktivitas kita menjadi video story 3 Dimensi (3D). Aplikasi Relive dipakai setelah selesai bersepeda, merubah data tadi menjadi video 3D dan mengupload data aktivitas ke aplikasi ini.

Aplikasi gratis ini juga bisa membuat 3D landscape, memasukkan foto diri sendiri dan teman, highlights, dan tentu saja sharing video lewat Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya.

4. Runtastic Road Bike GPS

Aplikasi ini mungkin terlihat sama dengan aplikasi sepeda lainnya, memiliki fitur tracking atau recording kecepatan, jarak, kalori, heart rate, dan analisis data, share ke media sosial dan lainnya lagi.

Tetapi, yang menarik pada aplikasi Runtastic Road Bike GPS ini adalah kemampuan untuk peta offline-nya. Bagi pesepeda yang mengandalakan wifi, atau tidak memiliki koneksi internet pada smartphone pada saat di jalan, atau sering bersepeda di daerah yang tidak memiliki sinyal internet, maka aplikasi ini bisa dicoba.

5. Komoot — Cycling & Hiking Maps

Spesialisasi dari aplikasi ini adalah route planner, untuk membuat rencana rute yang akan dilalui. Dengan membuat rute melalui aplikasi Komoot, pesepeda bisa melihat jarak, jalan yang akan dilalui, profil jalan, naik turunnya jalan, profile, elevasi naik dan turun, dan informasi berguna lainnya.

Cukup memasukkan pilihan kegiatan yang akan dilakukan, seperti hiking, sepeda touring, sepeda balap, sepeda gunung, atau berlari. Setiap pilihan akan memberikan hasil yang berbeda.

Misalnya memilih road bike atau sepeda balap, maka jalur yang akan diarahkan menggunakan jalan yang beraspal, atau jika memilih sepeda gunung akan memberikan pilihan jalur alternatif off road.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini