Gunakan SpaceX Crew Dragon, Astronot NASA Kembali ke Bumi

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 07:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 16 2255892 gunakan-spacex-crew-dragon-astronot-nasa-kembali-ke-bumi-c1bzOPOiCm.jpg (Foto: Bill Ingalls/NASA/Businessinsider)

JAKARTA - Astronot badan antariksa Amerika Serikat (AS), NASA, Bob Behnken dan Doug Hurley menggunakan pesawat luar angkasa SpaceX Crew Dragon. Mereka kembali ke Bumi setelah melewati atmosfer Bumi pada Minggu, dikutip Businessinsider.

Mereka mendarat dengan selamat di Teluk Meksiko. Mendaratnya astronot ini menandakan selesainya misi luar angkasa dengan kendaraan komersial.

Ketika kapsul melayang-layang di air, parasutnya melayang di sekitarnya, dengan cepat dikerumuni oleh perahu. Beberapa dari mereka adalah kapal pemulihan dengan tim profesional dari NASA dan SpaceX.

Mantan kru astronot di stasiun ruang angkasa - kosmonot Rusia Ivan Vagner - melihat pendaratan dan kapal-kapal dari tempat yang menguntungkan, 250 mil di atas Bumi. Dia membagikan foto-foto itu dalam tweet.

Penjaga Pantai AS telah membersihkan area sebelum pendaratan, Bridenstine menjelaskan, tetapi setelah kapsul itu jatuh, "kapal-kapal itu langsung menuju ke sana," katanya.

Baca juga: Proses Penciptaan Manusia Dijelaskan dalam Alquran

Beberapa kapal lewat sangat dekat dengan kapsul, termasuk satu dengan penumpang melambaikan bendera Trump.

"Mungkin lain kali kita seharusnya tidak mengumumkan zona pendaratan kita," kata insinyur SpaceX Kate Tice selama siaran langsung pendaratan NASA.

Bridenstine berjanji bahwa NASA akan "melakukan pekerjaan yang lebih baik" membersihkan kapal untuk pendaratan air di masa depan.

Diberitakan pada awal Juni, dua astronot AS Dough Hurley dan Bob Behnken yang meluncur dengan pesawat ruang angkasa swasta tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Keduanya tiba di ISS dan disambut oleh sesama astronot NASA dan dua kosmonot Rusia. Dua astronot Bob dan Dough menghabiskan 64 hari di orbit.

Misi ini menandai awal era baru di mana NASA membeli layanan transportasi dari sektor komersial. Ini dilakukan secara eksklusif oleh perusahaan seperti SpaceX milik miliarder Elon Musk, yang berbasis Hawthorne, California.

Konfirmasi bergabungnya kapsul Naga di ISS terjadi pada Minggu (31/05), 19 jam setelah lepas landas dari Kennedy Space Center di Florida dengan roket Falcon yang juga disediakan oleh SpaceX.

Docking, atau penggabungan kapsul dengan stasiun luar angkasa, adalah proses yang sepenuhnya otomatis. Hurley dan Behnken tidak perlu terlibat, meskipun mereka telah berlatih pendaratan secara manual.

Ketika pintu antara Kapsul Naga dan ISS tersambung, Hurley dan Behnken bertemu dengan Komandan ISS dan sesama astronot NASA Chris Cassidy dan dua kosmonot Rusia, Anatoly Ivanishin dan Ivan Vagner.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini