Ilmuwan Ungkap Bintang Mampu Menampung hingga 7 Planet

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 16 2256613 ilmuwan-ungkap-bintang-mampu-menampung-hingga-7-planet-4ksvBTTmrY.jpg (Foto: Hubble Space Telescope)

JAKARTA - Tim peneliti dari University of California, Riverside, termasuk ahli astrobiologi Stephen Kane telah mengumpulkan data dan menemukan bukti yang menunjukkan bahwa beberapa bintang berpotensi mampu menampung sebanyak tujuh planet mirip Bumi.

Kane dan para peneliti lainnya sampai pada kesimpulan setelah mereka menyelidiki sistem Trappist-1, yang merupakan rumah bagi beberapa planet mirip Bumi yang mengorbit di zona layak huni bintang, di mana air kemungkinan ada.

Para peneliti menciptakan model komputer tata surya dan menjalankan simulasi pada interaksi planet selama rentang waktu yang luas.

Melansir dari Slashgear, data menunjukkan bahwa bintang seperti Matahari dapat menampung hingga enam planet dengan kandungan air, sementara bintang lainnya mungkin dapat memuat hingga tujuh planet.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Sementara data lain menunjukkan bahwa bintang-bintang dapat menampung beberapa planet mirip Bumi. Peneliti telah melihat sistem yang tampaknya memiliki beberapa planet dengan zona layak huni.

Kane juga mengatakan bahwa jika Anda menambahkan lebih dari tujuh planet ke dalam simulasi, planet-planet tersebut akan menjadi terlalu dekat satu sama lain dan saling mengacaukan satu sama lain. Kane dan tim ilmuwan berharap bahwa penelitian mereka dapat membantu membimbing para astronom dalam pencarian exoplanet zona layak huni.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini