Google Akhirnya Rilis Fitur Nearby Share, Mirip Apple AirDrop

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 16 2257472 google-akhirnya-rilis-fitur-nearby-share-mirip-apple-airdrop-dr2oOmyBjF.jpeg (Foto: Ist)

JAKARTA – Setelah melakukan pengembangan selama bertahun-tahun, akhirnya Google resmi merilis fitur baru bernama “Nearby Share” pada Selasa (4/8/2020). Dilansir CNET, fitur terbaru ini memiliki kesamaan fungsi dengan fitur AirDrop milik Apple yang tersedia untuk Mac dan iPhone.

Nearby Share pada dasaranya merupakan pengganti Android Beam yang dianggap kurang menarik minat pengguna. Berbeda dengan Beam, Nearby Share muncul sebagai “Quick Setting Toggle” pada layar ponsel dan memungkinkan Anda mengirim file secara nirkabel tanpa harus melakukan “tap” antar perangkat.

Dilansir Gizmodo, saat Anda memutuskan untuk mengirim atau menerima data, ponsel akan secara otomatis memberikan Anda opsi pengiriman melalui jaringan Bluetooth, Bluetooth Low Energy, WebRTC, atau bahkan wifi peer-to-peer langsung.

Dengan opsi ini Anda dapat mengirim file baik secara offline maupun online. Sekalipun jaringan wifi tidak tersedia, Nearby Share tetap akan mencari cara untuk mengirimkan file Anda kepada pengguna lain.

Secara keseluruhan, sistem demikian memang terlihat riskan. Siapa saja dapat menemukan ponsel Anda dan dapat mengirimkan file. Namun Google menjelaskan bahwa sistem ini aman dan perusahaan itu memberikan Anda tiga opsi pengiriman untuk membuat semuanya lebih aman.

Anda dapat menyesuaikan pengaturan privasi antara “disembunyikan”, “terlihat oleh beberapa kontak”, atau bahkan “terlihat oleh semua kontak”.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Dengan pengaturan tersebut, maka secara otomatis Anda tidak akan menerima file yang tidak diinginkan. Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan file secara anonim sehingga pengguna lain di sekitar Anda tidak dapat melihat data pribadi Anda baik berupa nomor telepon maupun alamat email.

Saat ini fitur Nearby Share sudah tersedia untuk perangkat Pixel dan Samsung dengan sistem Android 6.0 atau yang lebih baru. Meski begitu, rencananya fitur ini juga akan tersedia pada perangkat Android lainnya. Beberapa bulan ke depan, Nearby Share akan dapat Anda gunakan pada perangkat Google Chromebook.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini