NASA Kembangkan Teleskop Roman untuk Deteksi Exoplanet

INews.id, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 16 2257592 nasa-kembangkan-teleskop-roman-untuk-deteksi-exoplanet-18q46E5QOe.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Badan antariksa Amerika Serikat (AS), NASA akan mendorong perburuan planet asing di masa depan. Badan antariksa itu mengembangkan Roman, teleskop yang diklaim memiliki kemampuan mengumpulkan data hingga 500 kali lebih cepat dibanding Hubble, dikutip iNews.

Nancy Grace Roman Space Telescope (sebelumnya dikenal sebagai Wide-Field Infrared Survey Telescope atau WFIRST) meloloskan tinjauan desain sistem utama bulan ini, menurut NASA. Roman bergantung pada teknologi yang awalnya dibangun untuk misi mata-mata di Bumi.

Roman kabarnya akan memata-matai exoplanet di seluruh galaksi, serta banyak fenomena kosmik lainnya.

Roman akan dioptimalkan untuk semacam survei planet yang disebut microlensing. Ini merupakan efek pengamatan yang terjadi ketika massa membelokkan jalinan ruang-waktu. Paling ekstrim, pelensaan gravitasi semacam ini digunakan dalam mengamati objek yang sangat masif seperti galaksi atau lubang hitam.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Namun dalam miniatur, microlensing menciptakan "bengkok" yang cukup pada bintang-bintang kecil dan planet-planet untuk diburu. Pada skala yang lebih kecil ini, microlensing terjadi ketika satu bintang sejajar erat dengan bintang kedua, dari titik pandang Bumi.

Bintang yang lebih dekat dengan planet kita memfokuskan dan menguatkan cahaya dari bintang yang lebih jauh, memungkinkan para ilmuwan melihatnya secara lebih detail daripada biasanya. Bahkan planet yang mengorbit bintang latar depan dapat memperbesar cahaya bintang, menciptakan lonjakan kecerahan.

Kemampuan microlensing Roman akan digabungkan dengan bidang pandang luas yang 100 kali lebih besar dari Hubble. NASA berharap Roman mengambil lebih banyak data daripada misi astrofisika lainnya dari agensi tersebut.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini