Mengudara 40 Detik, SpaceX Uji Penerbangan Prototipe Starship SN5

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 16 2257810 mengudara-40-detik-spacex-uji-penerbangan-prototipe-starship-sn5-e3Dbom2c81.jpg (Foto: Tech Explorist)

JAKARTA - SpaceX baru-baru ini menerbangkan prototipe ukuran penuh dari pesawat ruang angkasa Starship Mars untuk pertama kalinya. Kendaraan uji Starship SN5 naik ke udara selama sekira 40 detik pada 4 Agustus di fasilitas SpaceX dekat desa Boca Chica Texas Selatan.

SN5 stainless-baja naik ke udara pukul 7:57 malam, EDT (2357 GMT; 6:57 malam waktu setempat Texas). Pesawat bergerak sedikit menyamping selama penerbangan singkat yang tidak berapi. Sebelumnya Musk mengatakan akan menargetkan ketinggian maksimum sekitar 500 kaki (150 meter) dan dengan pendaratan yang sesuai dengan rencana.

Melansir dari Space, SN5 hanyalah prototipe Starship kedua dan yang pertama kali melakukannya dalam hampir satu tahun. Musk juga mengatakan, kendaraan Starship terakhir akan memiliki enam Raptors, tingginya sekitar 165 kaki (50 m) dan mampu membawa hingga 100 orang.

Starship operasional akan diluncurkan dari Bumi di atas roket raksasa yang disebut Super Heavy, yang akan memiliki 31 Raptors sendiri. Kedua kendaraan itu diharapkan akan sepenuhnya dapat digunakan, sehingga berpotensi memangkas biaya pesawat ruang angkasa.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Musk sangat tertarik pada Planet Merah. Ia berharap jika semuanya berjalan dengan baik dengan pengembangan Starship dan Super Heavy. Sehingga sistem spaceflight dapat memungkinkan manusia untuk membuat satu juta orang kota dan berjalan di Planet Merah dalam 50 hingga 100 tahun ke depan.

Selain itu, jika semuanya berjalan dengan baik, kita bisa melihat Starship dan Super Heavy segera terbang bersama, dalam misi yang menarik dan penting. Namun, untuk jangka waktu yang lebih dekat ini SpaceX akan melalukan beberapa tes pendek lagi seperti percobaan penerbangan ini.

"Kami akan melakukan beberapa lompatan singkat untuk memperlancar proses peluncuran, lalu terbang dengan flap tinggi," kata Musk dalam tweet.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini