Microsoft Ungkap Tanggal Rilis Project xCloud untuk Android

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 16 2257882 microsoft-ungkap-tanggal-rilis-project-xcloud-untuk-android-qOSAVKQTmn.jpg (Foto: Theverge)

JAKARTA - Microsoft ungkap tanggal perilisan Project xCloud yang dijadwalkan pada 15 September. Dilansir The Verge, Project xCloud akan dijual bersama dengan layanan Xbox Game Pass Ultimate tanpa biaya tambahan.

Kabarnya, Microsoft juga akan menyediakan lebih dari 100 game berkualitas konsol. Layanan Project xCloud akan tersedia untuk pengguna Android saja.

Menembus kebijakan App Store Apple menjadi hal yang cukup sulit. Sehingga meski sudah diuji coba pada perangkat iOS, layanan ini tidak langsung hadir untuk pengguna Apple.

Ini juga mengingatkan pada layanan Google Stadia untuk Android yang juga tidak tersedia pada perangkat Apple baik iPhone maupun iPad.

“Adalah ambisi kami untuk meningkatkan skala cloud gaming melalui Xbox Game Pass yang tersedia di semua perangkat, tetapi kami tidak memiliki hal lain untuk dibagikan saat ini mengenai iOS,” ucap juru bicara Microsoft dalam sebuah pernyataan, dikutip The Verge.

Meski demikian, hal ini tampak tidak akan membuat Project xCloud benar-benar tidak tersedia pada perangkat Apple. Setidaknya jika merujuk pada aplikasi Steam Link Valve, layanan itu berhasil hadir pada perangkat Apple setelah setahun menunggu perizinan untuk memasang aplikasi.

Sehingga, setidaknya pengguna Apple masih memiliki harapan meski harus menunggu.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Adapun dengan rencana perilisan yang sudah ada, Microsoft berencana untuk merilis Project xCloud di 22 negara pada bulan depan. Perilisan ini akan mencakup Austria, Belgia, Kanada, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Hungaria, Irlandia, Italia, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Spanyol, Korea Selatan, Swedia, Swiss, Inggris, dan Amerika Serikat.

Untuk Korea Selatan, Microsoft tidak akan menyediakannya pada platform Google Play Store. Sebagai gantinya layanan ini akan tersedia di One Store dan Galaxy Store untuk pengguna Samsung.

Sementara itu, tampaknya penggemar Xbox di Indonesia harus bersabar karena layanan ini belum tersedia di Indonesia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini