Satelit Ungkap Foto Beirut Sebelum dan Sesudah Ledakan

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 16 2257998 satelit-ungkap-foto-beirut-sebelum-dan-sesudah-ledakan-C2p2T9jZhp.jpg (Foto: Planet Labs Inc)

JAKARTA – Satelit pencitraan Bumi di luar angkasa berhasil menangkap penampakan kota Beirut sebelum dan sesudah terjadi ledakan pada Selasa (4/8/2020). Dilansir Space, gambar tangkapan satelit pencitraan Bumi ini dibagikan oleh dua perusahaan teknologi luar angkasa berbasis di San Francisco bernama Planet dan Maxar yang berbasis di Colorado.

Planet maupun Maxar menggunggah hasil tangkapan satelit mereka melalui akun Twitter resmi pada Rabu (5/8/2020). Planet melalui hasil tangkapan gambar pesawat luar angkasa Skysat menyajikan tampilan pelabuhan Beirut pada 31 Mei dengan kejadian yang baru saja terjadi.

Sementara Maxar menyajikan gambar pada Juni dan pasca ledakan. Dari kedua tampilan yang dibandingkan terlihat jelas kerusakan apa saja yang dialami pelabuhan tersebut.

 Satelit pencitraan Bumi di luar angkasa berhasil menangkap penampakan kota Beirut.

Baca juga: Guncangan Dahsyat Awali Peristiwa Kiamat Dijelaskan Alquran dan Sains

Dari gambar, ledakan yang menewaskan 135 orang itu terlihat meratakan bangunan yang berada di sekitar wilayah. Pelabuhan terlihat berubah menghitam, begitu pula dengan air pantai yang semula jernih tampak keruh. Bahkan sisi pelabuhan yang tampak terpotong berbentuk cekung setengah lingkaran juga terlihat jelas melalui tangkapan gambar hasil setelit pencitraan Bumi.

Pencitraan melalui satelit bukan hal baru, sebelumnya Space juga mengabarkan sebuah satelit pencitraan Bumi berhasil mengidentifikasi retakan akibat gempa pada kerak Bumi, kerusakan akibat kegagalan peluncuran roket Iran, dan juga kerusakan akibat serangan rudal Iran kepada Irak.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini