Intel Bakal Umumkan Prosesor Tiger Lake Generasi Ke-11

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 16 2258073 intel-bakal-umumkan-prosesor-tiger-lake-generasi-ke-11-0QmS4IDQ9K.jpg (Foto: AnandTech)

JAKARTA - Intel mempersiapkan perilisan prosesor CPU terbaru dari seri Tiger Lake. Dilansir The Verge, informasi yang beredar mengungkap kalender acara yang menampilkan dua jadwal penting pada Agustus dan September tahun ini.

Intel dijadwalkan akan menyelenggarakan “Tiger Lake Virtual Launch Event” pada 2 September. Tidak ada rincian mengenai acara yang dicantumkan pada kalender acara, namun jelas ini akan menjadi acara virtual pertama mereka mengingat perilisan prosesor CPU selalu dilakukan secara tatap muka.

Sejauh ini, seri terbaru Tiger Lake dikabarkan akan menjadi generasi ke-11 sekaligus generasi ke-3 dari prosesor Intel yang menggunakan prosesor 10nm. Teknologi ini juga akan menggabungkan arsitektur dari CPU Willow Cove dan GPU terintegrasi pertama dari arsitektur Xe GPU terbaru milik Intel.

Tiger Lake juga diduga akan memuat chip dengan jumlah 40% lebih banyak dari sebelumnya, sehingga besar kemungkinan ada hal menarik dan pembaruan yang disajikan.

Sementara itu pada bulan ini, Intel dijadwalkan akan menggelar presentasi pertama untuk menyampaikan update terbaru mereka pada 13 Agustus. Presentasi ini akan disampaikan oleh Chief Architect Intel Raja Koduri dan sama seperti perilisan Tiger Lake, tidak ada informasi lanjutan yang diberikan.

Namun jika melihat latar belakang Raja Koduri selaku manager umum grup arsitek, grafik, dan perangkat lunak, besar kemungkinan ini akan berhubungan dengan DG1 – GPU atau kartu grafis desktop pertama milik Intel – yang sebelumnya sudah diperkenalkan pada CES 2020.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Meski kedua acara dilakukan dalam waktu cukup berdekatan, tidak dapat dipastikan apakah kedua acara ini memiliki keterkaitan satu sama lain. Sebelumnya Intel memberikan sedikit detail adanya kemungkinan DG1 akan menjadi pelengkap dari prosesor terbaru Tiger Lake.

Secara keseluruhan, Intel akan memperkenalkan sesuatu yang baru mengingat perusahaan berupaya menyajikan perubahan agresif pada teknologi yang akan datang.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini