Ini Alasan Google Stadia dan Project xCloud Tak Hadir di iOS

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 16 2258402 ini-alasan-google-stadia-dan-project-xcloud-tak-hadir-di-ios-KMsPMy9sQq.jpg (Foto: CNet)

JAKARTA – Apple resmi memberikan pernyataan bahwa Google Stadia dan Microsoft Project xCloud tidak akan hadir pada perangkat iOS. Dilaporkan oleh Business Insider, Apple menyatakan perusahaannya tidak dapat meninjau setiap aplikasi yang tersedia melalui Game Pass. Artinya, secara tidak langsung baik Stadia maupun Project xCloud tidak memenuhi standar pedoman kebijakan Apple.

“App Store dibuat untuk menjadi tempat yang aman dan tepercaya bagi pelanggan untuk menemukan dan mengunduh aplikasi, dan peluang bisnis yang besar bagi semua pengembang. Sebelum mereka masuk ke toko kami, semua aplikasi ditinjau berdasarkan kumpulan pedoman yang sama yang dimaksudkan untuk melindungi pelanggan dan memberikan lapangan bermain yang adil dan setara bagi pengembang,” ucap juru bicara Apple melalui Business Insider.

Sementara itu, Microsoft berpendapat Apple memiliki kebijakan yang dirasa terlalu ketat. Mengingat pula pelarangan seperti ini tidak hanya terjadi pada Stadia maupun Project xCloud. Dilansir Android Police, Apple sebelumnya pernah menarik aplikasi email Hey dari App Store akibat tidak memiliki opsi pendaftaran bawaan yang menyediakan potongan 30% untuk Apple.

Selain itu, Microsoft juga menuduh Apple memperlakukan aplikasi gaming dengan layanan media lainnya secara tidak adil. Pasalnya meski Hey sempat ditarik dari App Store, pada akhirnya layanan itu berhasil kembali mendapatkan tempat di App Store. Terlebih lagi untuk layanan lain seperti Netflix dan Spotify juga berhasil mendapatkan izin meski tidak memberikan potongan 30% untuk Apple.

“Apple berdiri sendiri sebagai satu-satunya platform tujuan umum yang menolak konsumen dari game cloud dan layanan langganan game seperti Xbox Game Pass,” ucap juru bicara Microsoft kepada The Verge.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Menanggapi ini, Apple menyatakan bahwa semua itu diakibatkan oleh medium aplikasi yang berbeda. Aplikasi gaming dianggap interaktif dan berbeda dengan aplikasi musik atau film yang tidak menuntut ekspektasi dari penggunanya.

Kini Microsoft secara resmi telah memberhentikan uji coba Project xCloud untuk iOS. Selama tidak adanya perubahan pedoman, maka mau tidak mau penggemar hanya dapat mengakses aplikasi gaming melalui Android.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini