Facebook Gaming Resmi Hadir untuk Pengguna iOS

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 16 2258963 facebook-gaming-resmi-hadir-untuk-pengguna-ios-ze81sPGSOa.jpg (Foto: Gamerant)

JAKARTA – Facebook Gaming kini resmi hadir untuk pengguna iOS pada Jumat (7/8/2020). Kabar ini dibagikan melalui akun Twitter resmi mereka @FacebookGaming setelah Apple mengizinkan Facebook untuk memasuki pasar App Store.

Izin ini berhasil didapatkan setelah Facebook melakukan beberapa penyesuaian pada layanan tersebut untuk memenuhi pedoman kebijakan Apple.

Facebook Gaming pertama dirilis pada 2018, dan kini melebarkan sayapnya sebagai pengganti Mixer yang ditutup Microsoft pada Juli. Aplikasi itu juga mengalami peningkatan pengguna mengingat streamers membutuhkan platform baru untuk melakukan siaran langsung.

Meski belum menjadi pengganti utama seperti Twitch dan Youtube, setidaknya dilaporkan Essentialy Sports, jumlah total jam yang ditonton pada Facebook Gaming meningkat sebesar 11%, dengan jumlah saluran unik meningkat 55% pada pengumuman Q2 2020.

 
Baca juga: Proses Penciptaan Manusia Dijelaskan dalam Alquran

Sayangnya, meski pengguna dapat menonton siaran dari pemain kesayangan mereka, dengan kesepakatan ini, pengguna iOS tidak dapat mengakses mini game sebagaimana yang hadir pada Android.

Dilansir Game Rant, meski Facebook telah melakukan komunikasi dengan Apple, namun perusahaan itu terus menolak dengan alasan setiap game harus diperiksa secara individu. Ini serupa dengan apa yang dialami Google Stadia dan Microsoft Project xCloud. Sehingga pada dasarnya, selain menonton siaran langsung, tidak banyak fitur yang akan hadir untuk pengguna iOS.

“Sayangnya, kami harus menghapus fungsionalitas gameplay sepenuhnya untuk mendapatkan persetujuan Apple atas aplikasi Facebook Gaming yang berdiri sendiri,” ungkap Chief Operating Officer perusahaan Sheryl Sandberg, dikutip New York Times.

Game dan siaran langsung menjadi fitur utama pada Facebook Gaming, dan inilah yang menjadi alasan Apple menolak aplikasi tersebut selama enam bulan. Apple mungkin dapat menerima aktivitas streaming, tetapi tidak dengan layanan game milik Facebook.

Sebagaimana dikabarkan New York Times, game menjadi sumber pendapatan terbesar Apple, sehingga spekulasi persaingan dan monopoli menjadi alasan utama berbagai platform gaming mendapatkan kesulitan.

“Rasa sakit bersama di seluruh industri game, yang pada akhirnya merugikan pemain dan pengembang dan sangat menghambat inovasi di perangkat seluler untuk jenis format lain seperti cloud gaming,” ucap Vivek Sharma, Wakil Presiden Facebook untuk game, dikutip New York Times.

Dihapusnya daftar game pada aplikasi Facebook Gaming tentunya mengecewakan banyak pihak, tidak hanya Facebook namun juga pengguna. Meski demikian, tidak memungkinkan di masa depan kesempatan itu akan hadir.

Facebook dan Microsoft akan tetap menjalin kerjasama dengan Apple. Sementara itu pada Juni lalu Komisi Eropa, Badan Eksetkutif Uni Eopa telah membuka penyelidikan antimonopoli formal untuk pedoman kebijakan Apple.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini