CPU Intel Generasi Ke-12 Alder Lake-S Dukung Memori DDR5

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 16 2259018 cpu-intel-generasi-ke-12-alder-lake-s-dukung-memori-ddr5-M1fNzgnGwL.jpg (Foto: NDTV Gadgets 360)

JAKARTA – Meski mengalami beberapa keterlambatan dan permasalahan internal, Intel tampaknya tidak ingin benar-benar tertinggal di pasaran. Dilansir Neowin, melalui informasi yang bocor pada laman videocardz, generasi ke-12 dari chip prosesor Intel yang diberi nama sandi “Alder Lake-S” dikabarkan akan mendukung penggunaan RAM DDR5 saluran ganda.

Dengan ini, Alder Lake-S setidaknya diperkirakan dapat mengadakan bandwidth dengan konsumsi daya yang minim.

Kabarnya, Intel berencana untuk merancang dan mengonfigurasi chip terbarunya dengan tata letak dari inti big.LITTLE yang dipelopori ARM. Jika ini digunakan, maka Alder Lake-S akan menjadi chip PC desktop paling canggih dan terdiversifikasi mengingat ARM baru menghadirkannya untuk segmen smartphone.

 
Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Konfigurasi inti big.LITTLE juga memungkinkan Alder Lake-S untuk menggunakan jumlah Core Performa dan Core Efisiensi yang sama. Ini juga membuat generasi ke-12 itu akan berbagi jenis Core Grafis Xe onboard.

Tidak hanya itu, Alder Lake-S juga dilengkapi dengan 10nm Fabrication Node yang mengombinasi inti CPU “Golden Cove” dan “Gracemont” yang hemat energi.

Hingga kini belum ada informasi lebih lanjut baik mengenai RAM DDR5 maupun alasan inti big.LITTLE ARM diadaptasi dalam Alder Lake-S. Adapun generasi ke-12 itu juga sebelumnya dikabarkan akan memuat soket LGA1700 dan motherboard seri chipset 600 yang keduanya sama-sama baru.

Selain itu, Alder Lake-S juga akan mendukung kecepatan hingga 4800Mhz untuk satu DIMM per saluran, dan akan turun 800Mhz untuk dua DIMM per saluran.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini