3 Cara Membedakan Layar iPhone Asli atau Palsu

INews.id, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 16 2259568 3-cara-membedakan-layar-iphone-asli-atau-palsu-1eW5czK8yp.jpg (Foto: Business Insider)

JAKARTA - Layar bisa menjadi pertimbangan utama saat Anda akan membeli iPhone second. Anda perlu memastikan layar ponsel dalam kondisi yang baik dan original.

Dikutip iNews, layar yang tidak asli atau non-original dapat menyebabkan masalah kompatibilitas atau kinerja. Berikut ini cara membedakan layar iPhone yang asli atau palsu.

Layar tidak original timbul masalah pada multi-touch

Masalah yang muncul jika layar tak original ada pada fitur multi-touch. Misalnya, multi-touch menjadi tidak atau kurang merespon sentuhan.

Kemudian performa fitur ini yang buruk seperti sentuhan layar yang tidak responsif atau respon sentuhan layar yang tidak sesuai. Tak jarang, layar menimbulkan respon yang aneh tanpa disentuh, atau bisa juga layar tidak mati selama panggilan telepon.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Kecerahan layar dan warna yang berbeda

Beberapa hal yang bisa Anda lihat ketika layar iPhone Anda palsu adalah dengan mencoba fitur True Tone. Jika layarnya tidak original, fitur True Tone tersebut tidak berfungsi dengan baik. Kemudian juga fungsi sensor cahaya sekitar yang hilang atau terdegradasi, menyebabkan layar redup atau terang di waktu yang salah.

Kalibrasi warna layar juga mengalami masalah, seperti terlalu biru atau kuning. Selanjutnya, layar tak cerah secara seragam, dan kecerahan maksimum yang kurang optimal. Lalu, baterai yang cepat habis juga bisa menjadi indikasi layar iPhone Anda palsu.

Peringatan di Setting atau Pengaturan

Jika Anda melihat pesan tak umum saat membuka Pengaturan> Umum> Tentang, maka sudah jelas bahwa layar Anda sudah diganti atau menggunakan komponen non-ori. “Tidak dapat memverifikasi iPhone ini memiliki layar Apple asli,” demikian bunyi pesannya. Sayangnya, pesan peringatan ini hanya ada di iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini