Cegah Rasisme, NASA Ubah Julukan Benda-Benda Langit

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 16 2259992 cegah-rasisme-nasa-ubah-julukan-benda-benda-langit-RlbMiLKnsB.jpg (Foto: News1 English)

JAKARTA - Biasanya benda langit akan diberi nama dengan aliran huruf dan angka yang tidak masuk akal dan tidak benar-benar keluar dari lidah. Ada pula benda langit yang memiliki nama panggilan yang lebih mudah diucapkan dan diingat.

NASA kini mengatakan bahwa beberapa julukan yang diberikan untuk objek kosmik “insensitive” akan dihentikan. Di antara nama-nama yang akan dihentikan termasuk "Nebula Eskimo" dan "Galaksi Kembar Siam".

Melansir dari Slashgear, NASA mengatakan bahwa sering kali nama panggilan yang tampaknya tidak berbahaya bisa berbahaya dan mengurangi ilmu pengetahuan. NASA juga menambahkan jika komunitas ilmiah sedang bekerja untuk mengidentifikasi dan mengatasi diskriminasi dan ketidaksetaraan sistematik.

Nebula planet NGC 2392, yang merupakan sisa-sisa bintang mirip matahari yang mendekati akhir hidupnya, tidak akan lagi disebut sebagai "Nebula Eskimo". "Eskimo" dianggap istilah yang merendahkan oleh banyak masyarakat adat. Istilah ini digunakan oleh penjajah untuk "pemakan daging mentah" yang berarti barbarisme.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Sedangkan Galaksi spiral NGC 4567 dan NGC 4568, disebut sebagai "Galaksi Kembar Siam", juga akan kehilangan nama itu. “Kembar siam” dideskripsikan sebagai ungkapan lama yang digunakan untuk menyebut kembar siam, ungkapan itu berasal dari saudara Chang dan Eng Bunker, yang dulunya, dan lahir di Siam, sekarang dikenal sebagai Thailand.

NASA menyatakan bahwa mereka hanya akan menggunakan sebutan resmi International Astronomical Union untuk merujuk pada objek di masa depan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini