Vaksin Covid-19 Rusia 'Sputnik V' Diambil dari Nama Satelit Pertama di Dunia

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 16 2260869 vaksin-covid-19-rusia-sputnik-v-diambil-dari-nama-satelit-pertama-di-dunia-pPYto8mO0k.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Rusia umumkan vaksin Covid-19 pertama bernama ‘Sputnik V’ pada Selasa (11/8/2020). 'Sputnik V' merupakan vaksin yang dikembangkan oleh Gamaleya Institute Moskow.

Nama Sputnik sendiri merupakan nama dari satelit pertama di dunia. Ini menjadi bentuk penggambaran Rusia sebagai negara pertama yang mengumumkan keberhasilan vaksin.

Mengutip BBC, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bahwa vaksin tersebut menawarkan ‘kekebalan berkelanjutan’. Adapun vaksin ini dinyatakan telah lulus uji dan mendapatkan izin dari regulator Rusia. Namun sayangnya belum ada rincian lebih lanjut perihal kekebalan seperti apa yang dimaksudkan.

Meski demikian, pihak ilmuwan Rusia menyatakan bahwa vaksin tersebut efektif dan aman. Vaksin tersebut telah diuji coba pada salah satu putri Vladimir Putin dan mendapatkan hasil baik atau tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Satu-satunya efek yang tampak hanya peningkatan suhu tubuh dalam waktu singkat.

Baca juga: Proses Penciptaan Manusia Dijelaskan dalam Alquran

“Setelah injeksi pertama suhunya 38 derajat, hari berikutnya 37,5, dan hanya itu. Setelah injeksi kedua suhunya naik sedikit, lalu kembali normal,” ucap Presiden Rusia Vladimir Putin dikutip BBC.

Dengan keberhasilan ini, rencananya pejabat Rusia menjadwalkan untuk melakukan vaksin massal pada Oktober mendatang. Vaksin ini juga akan diedarkan secara global.

Dilaporkan Reuters, untuk saat ini Kirill Dmitriev selaku Kepala Dana Kekayaan Kedaulatan RDIF menyatakan bahwa sudah ada 20 negara yang memesan vaksin dan ini setidaknya berjumlah satu miliar dosis.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini