Google Uji People Cards, Profil Pribadi Bisa Muncul di Hasil Pencarian

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 16 2260988 google-uji-people-cards-profil-pribadi-bisa-muncul-di-hasil-pencarian-s58AXMiwHQ.jpg (Foto: Google)

JAKARTA - Google tengah menguji sistem profil publik baru yang disebut “people cards". Ini akan memungkinkan pengguna membuat profil mereka sendiri (termasuk pekerjaan mereka, tautan ke platform media sosial, biografis singkat, dan banyak lagi) yang akan muncul langsung di Google pencarian.

Untuk menyiapkan people cards baru, cukup telusuri frasa "tambahkan saya untuk menelusuri" saat masuk ke akun Google Anda. Dari sana, Google akan membawa Anda ke halaman baru untuk membuat kartu.

Melansir dari The Verge, Anda akan diminta pengisian wajib seperti nama, pekerjaan, lokasi, dan biografi "tentang". Anda juga dapat menambahkan informasi tentang pendidikan, kota asal, tautan ke situs web Anda serta media sosial lainnya, dan bahkan email dan nomor telepon Anda (jika Anda merasa nyaman atau butuh mempostingnya di pencarian Google yang dapat diakses publik).

Tentunya, dengan sistem yang memungkinkan siapa saja bisa melihat hasil penelusuran di Google untuk ratusan juta pelanggan yang menggunakannya setiap hari, ini bisa menimbulkan potensi penyalahgunaan yang besar.

 
Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Untuk itu, Google mengatakan bahwa mereka memiliki "sejumlah mekanisme" untuk mencegah spam dan penyalahgunaan sistem people cards. Setiap akun Google hanya diperbolehkan untuk membuat satu people card dan harus mengautentifikasi akun mereka dengan nomor telepon, sebelum diizinkan untuk membuat kartu.

Google akan mengizinkan Anda menandai card dengan informasi buruk atau yang menurut Anda dibuat oleh penipu, dan pengguna akan dapat menghapus atau mengedit kartunya kapan pun mereka mau.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini