Puncak Hujan Meteor Perseid Bisa Dilihat Tanpa Alat Khusus

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 16 2261049 puncak-hujan-meteor-perseid-bisa-dilihat-tanpa-alat-khusus-OlYCqdzxWv.jpg (Foto: Space)

JAKARTA - Hujan meteor Perseid, menjadi salah satu hujan meteor paling populer tahun ini. Menurut NASA, Perseids memiliki tampilan yang menakjubkan selama 2.000 tahun.

Hujan meteor Perseid memiliki pancaran cahaya yang lebih terang dibanding hujan meteor tahunan lainnya. Meteor Perseid bergerak dengan kecepatan 132.000 mil per jam, yang menciptakan seberkas cahaya yang jelas.

Meteor yang menarik ini terkait dengan Komet Swift-Tuttle, yang mengorbit matahari setiap 133 tahun sekali. Artinya, setiap Agustus, Bumi akan melewati bidang puing komet.

Menurut American Meteor Society, hujan meteor ini akan terlihat pada 10 Agustus - 13 Agustus. Hujan akan mencapai puncaknya dengan jumlah meteor terbanyak pada jam-jam larut malam 11 Agustus dan dini hari tanggal 12 Agustus, yang bertepatan dengan fase bulan seperempat terakhir, atau bulan setengah cerah.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Melansir dari CBS Sacramento, meskipun bukan bulan purnama, ia masih memiliki sekitar 52% iluminasi, sehingga jumlah meteor yang terlihat akan turun dari lebih 60 per jam menjadi sekitar 15 hingga 20 per jam, menurut NASA.

Jika Anda tertarik untuk melihatnya, ilmuwan NASA menyarankan bahwa meskipun hujan meteor dapat dilihat kapan saja setelah jam 9 malam, namun waktu terbaik untuk melihat adalah pada bagian malam yang paling gelap, pada dini hari sebelum fajar.

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan, Anda mungkin bisa pergi menghindari lampu kota yang dapat membuat hujan meteor tampak redup. Kemudian, mungkin Anda memerlukan waktu hingga 45 menit bagi mata Anda untuk menyesuaikan diri dengan gelap untuk melihat tampilan yang optimal, Anda tidak memerlukan alat khusus.

Komet itu sendiri akan turun sekitar 14,2 juta mil jauhnya dari bumi. Jadi tidak berbahaya, Anda tidak perlu takut.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini