Huawei Ajukan Paten Sensor Sidik Jari di Semua Layar

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 16 2261421 huawei-ajukan-paten-sensor-sidik-jari-di-semua-layar-yC4aaIWBI1.jpg (Foto: Ubergizmo)

JAKARTA - Teknologi sensor sidik jari tampaknya berkembang dari tahun ke tahun. Teknologi tersebut juga disematkan pada smartphone sebagai fitur keamanan.

Pada umumnya sensor sidik jari bisa diletakan di bagian punggung ponsel maupun di bawah layar. Pada ponsel yang mengusung fitur sensor sidik jari di bawah layar, letak sensor boleh jadi terbatas pada area tertentu saja.

Huawei mengembangkan cara agar seluruh layar pada ponsel mendukung sensor sidik jari. Dikutip Ubergizmo, perusahaan telah mengajukan paten untuk sensor sidik jari yang mencakup seluruh layar. Artinya, pengguna dapat mengetuk di mana saja di layar untuk mengautentikasi diri mereka sendiri.

Dengan melakukan ini, pengguna dapat "menyembunyikan" letak sensor sidik jari. Pengguna juga diberikan keleluasaan untuk menempatkannya di atas ikon aplikasi sehingga pengguna dapat secara khusus melindungi aplikasi yang berbeda dari pembukaan kecuali diautentikasi oleh pengguna.

 
Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Beberapa aplikasi sudah memberikan tingkat keamanan tambahan. Dengan fitur ini, diharapkan pengguna bisa melindungi akses aplikasi melalui fitur sidik jari. Huawei juga yakin dengan membatasi area sensor dapat mengurangi konsumsi baterai karena hanya menyala saat dibutuhkan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini