Temuan Planet Pink Seukuran Jupiter Curi Perhatian Ilmuwan

INews.id, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 16 2261656 temuan-planet-pink-seukuran-jupiter-curi-perhatian-ilmuwan-byTCb6wLvW.jpg (Foto: Space)

CALIFORNIA - Peneliti mengamati planet seukuran Jupiter yang berwarna pink. Dinamakan GJ 504b, planet tersebut merupakan raksasa gas yang mendapatkan perhatian karena berwarna pink, dikutip iNews.

Seperti yang dijelaskan NASA dalam postingan blog baru, exoplanet berukuran sama dengan Jupiter tapi beberapa kali lebih masif. GJ 504b masih merupakan planet bermassa terendah yang pernah dicitrakan secara langsung yang mengorbit bintang seperti Matahari.

Fakta planet berwarna pink karena formasi yang relatif baru. Diketahui planet cenderung menjadi sangat panas selama pembentukannya dan tetap panas selama beberapa waktu usai mengumpulkan materi apa pun yang ada di dekatnya.

Diperlukan waktu ratusan juta tahun bagi planet untuk mendinginkan. Tapi, GJ 504b belum memiliki waktu sebanyak itu. Planet terbentuk kira-kira 160 juta tahun yang lalu, masih cukup hangat, dan kilauannya yang panas itu menyebabkannya berwarna pink. NASA menyamakan warna planet dengan bunga sakura gelap atau magenta kusam.

"GJ 504b sekitar empat kali lebih masif dari Jupiter dan memiliki suhu efektif sekitar 460 derajat Fahrenheit. Planet mengorbit bintang tipe GO GJ 504, yang sedikit lebih panas dari Matahari dan samar-samar terlihat dengan mata telanjang di konstelasi Virgo," kata NASA.

Lebih lanjut NASA mengungkapkan, bintang itu terletak 57 tahun cahaya dan para peneliti memperkirakan sistem berusia sekitar 160 juta tahun, berdasarkan metode yang menghubungkan warna bintang dan periode rotasi usianya.

Baca juga: Masya Allah, Tanda-Tanda Kiamat Dijelaskan dalam Alquran dan Sains

Pada jarak 57 tahun cahaya, sistem ini relatif dekat dalam skema besar. Namun, masih terlalu jauh bagi ilmuwan untuk mulai mempertimbangkan mengunjungi bahkan dengan hardware luar angkasa yang canggih.

Ketika para ilmuwan melihat semakin banyak exoplanet, gambaran lebih jelas tentang galaksi kita dan alam semesta secara keseluruhan terlihat. Mempelajari tentang variasi planet yang luar biasa, bagaimana mereka terbentuk, dan dalam kondisi apa dapat mengajari lebih banyak tentang bagaimana tata surya kita terbentuk.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini