Google Akan Integrasikan Layanan Chat hingga Meet dalam Gmail

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 16 2261726 google-akan-integrasikan-layanan-chat-hingga-meet-dalam-gmail-2NkvE72aqV.jpg (Foto: Neowin)

JAKARTA - Google akan memberikan pembaruan layanan Gmail untuk pengguna Gsuite bulan depan. Rencananya, Gmail akan menyediakan empat tab baru berupa Mail, Chat, Room, dan Meets. Dengan ini, pengguna akan memiliki pengalaman kerja yang terintegrasi sehingga tidak perlu menggunakan banyak aplikasi.

Untuk tab Mail memang bukan hal baru, namun tiga tab lainnya memiliki fungsi terintegrasi dibandingkan sebelumnya. Seperti dilansir Neowin, ini akan memberikan pengalaman ruang kerja yang lebih baik untuk pengguna Gsuite.

Tab “chat” pada Gmail nantinya akan memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan dengan pengguna lain dari perusahaan atau organisasi yang tergabung dengan Gsuite. Sementara itu tab “room” berperan untuk memberikan ruang yang menampung obrolan bersama, file, dan tugas.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Sedangkan tab “meets” berfungsi sebagai planner yang akan mencantumkan semua rapat yang telah dijadwalkan.

Tidak hanya itu, untuk mendukung kenyamanan yang lebih baik, Google juga akan menghadirkan fitur kecil lainnya seperti mode “Do Not Disturb”, pin room, filter untuk pencarian email dan obrolan, serta video call dari obrolan langsung.

Untuk saat ini, pembaruan Gmail untuk Gsuite sudah dirilis untuk pengguna yang memiliki early access. Rencananya, pembaruan akan dirilis secara penuh pada 1 September 2020.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini