Ancaman Serius Mengintai Ponsel dengan Chip Qualcomm?

INews.id, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 16 2262114 ancaman-serius-mengintai-ponsel-dengan-chip-qualcomm-HCgYHm1RsL.jpg (Foto: Qualcomm)

SAN FRANCISCO - Chip Qualcomm dikabarkan menyimpan kerentanan terhadap keamanan perangkat. Dikutip iNews, peneliti keamanan Check Point menemukan ancaman serius bagi pengguna ponsel dengan chip Qualcomm.

Para peneliti menyebut eksploitasi sebagai Achilles. Check Point menemukan lebih dari 400 baris kerentanan kode semua dalam proses sinyal digital SoC Qualcomm.

Tentu saja, mereka merahasiakan sebagian besar detail untuk meminimalkan risiko seseorang menggunakan eksploitasi. Hacker berpotensi merekam panggilan, mencuri data, menginstal software berbahaya yang tidak dapat dihapus.

Qualcomm telah mulai memperbarui driver dan kode tingkat rendah dan segera menyediakannya untuk vendor. Pada akhirnya, mendorong pembaruan untuk memperbaiki ponsel yang sebenarnya.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Namun, analis mengatakan, sangat tidak mungkin ada orang yang pernah menggunakan eksploitasi tersebut. Pasalnya, mereka tidak memiliki catatan siapa pun yang pernah melakukannya.

Selama mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya seperti Google Play Store Anda akan aman. Untuk diketahui, Qualcomm adalah salah satu produsen chip terkemuka dan mentenagai sebagian besar smartphone.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini