Share

Ikuti Google dan Samsung, Microsoft Janjikan 3 Tahun Update OS Surface Duo

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 16 2262197 ikuti-google-dan-samsung-microsoft-janjikan-3-tahun-update-os-surface-duo-XGYeiVIW1W.jpg (Foto: GSMArena)

JAKARTA - Microsoft akhirnya resmi umumkan tanggal perilisan Surface Duo. Ponsel lipat terbaru itu dijadwalkan akan hadir pada 10 September mendatang. Tidak hanya itu, Microsoft juga janjikan pembaruan atau update Android selama tiga tahun untuk penggunanya.

“Surface Duo akan didukung dengan OS dan pembaruan keamanan selama 3 tahun,” ucap juru bicara Microsoft dalam sebuah pernyataan, dikutip The Verge.

Surface Duo rencananya akan dirilis dengan Android 10. Itu artinya Microsoft akan mendukung pembaharuan OS hingga Android 13. Hal ini menjadikan Microsoft masuk dalam jajaran perusahaan teknologi seperti Google dan Samsung, yang mendukung update sistem OS selama tiga generasi, atau lebih dari 2 tahun, dikutip XDA Developers.

Update yang dijanjikan ini nantinya akan meliputi pembaruan Android untuk Microsoft yang juga akan hadir dalam beberapa bulan atau tahun mendatang. Ini juga termasuk pembaruan keamanan, meski hingga kini Microsoft belum memberikan detail frekuensi untuk pembaruan tersebut. Setidaknya untuk tahun pertama perusahaan akan menerapkan frekuensi triwulan.

Tidak hanya janji pembaruan, XDA Developers juga mengabarkan bahwa Surface Duo akan dilengkapi dengan bootloader yang tidak dapat dibuka. Dengan kunci tertutup ini, maka pengguna dapat dengan mudah melakukan root, modifikasi, maupun menggunakan ROM khusus pada ponsel.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Secara keseluruhan, janji pembaruan dan bootloader pada ponsel menjadi sesuatu yang mengesankan. Bagaimanapun ponsel Android sejauh ini masih cukup tertinggal dengan Apple untuk melakukan adopsi pembaruan. Sehingga langkah Micoroft – beserta Samsung dan Google – untuk menambah masa dukung generasi OS menjadi sesuatu yang menggembirakan.

Pengguna masih harus melihat ke depan perihal komitmen yang ditawarkan. Mengingat sebelumnya LG juga sempat menjanjikan dukungan pembaruan, namun sayangnya hal tersebut tidak berjalan sesuai rencana.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini