Daftar Ilmuwan Asal Indonesia yang Penemuannya Diakui Dunia

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 15 Agustus 2020 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 16 2262480 daftar-ilmuwan-asal-indonesia-yang-penemuannya-diakui-dunia-ksVf7p089B.jpg Yogi Ahmad Erlangga (Foto: Google Plus)

JAKARTA - Indonesia ternyata memiliki putra dan putri terbaik, yang menciptakan penemuan-penemuan hebat yang membanggakan. Penemuan mereka bahkan telah diakui dunia dan bisa menjadi teladan bagi generasi muda saat ini.

Beberapa tokoh ilmuwan ini menciptakan penemuan yang dibutuhkan oleh masyarakat digital. Siapa saja tokoh ilmuwan yang mengharumkan nama Indonesia di kancah global?

Dr. Khoirul Anwal

Saat ini 4G LTE menjadi teknologi yang umum digunakan para pengguna ponsel. Tahukah Anda, penemu teknologi ini ternyata anak bangsa. Dia adalah Dr. Khoirul Anwal, yang melakukan penelitian di Jepang dan setelah penemuannya tercipta, Jepang pun menobatkan dia sebagai salah satu peneliti terbaik di dunia.

Prof. Ir. R.M. Sedyatmo

Dalam dunia arsitektur, istilah cakar ayam bukan sesuatu yang asing. Sistem pondasi ini memungkinkan bangunan dapat bertingkat. Sistem pondasi cakar ayam ditemukan pada 1962 oleh ilmuwan asal Indonesia bernama Prof. Ir. R.M. Sedyatmo. Sedyatmo merupakan ilmuwan ITB lulusan 1934.

 
Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Warsito P. Taruno

Warsito P. Taruno menemukan mesin pembunuh kanker. Penemuannya telah diuji coba di Lab in Vitri dan hasilnya dikatakan bahwa alat tersebut bisa memerangi sel kanker. Seperti diketahui, masalah kesehatan yang kini mengkhawatirkan banyak orang adalah kanker. Masalah ini tidak hanya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, tapi juga bisa karena keturunan dan banyak faktor penyebab lainnya.

Yogi Ahmad Erlangga

Dalam dunia matematika, ada istilah yang dikenal dengan nama persamaan matematika helmotz. Rumusan ini dipakai untuk mencari titik minyak bumi. Selama seabad silam, rumus tersebut tak bisa dipecahkan dan akhirnya Yogi Ahmad Erlangga berhasil memecahkan rumus persamaan tersebut.

Evvy Kartini

Tidak hanya kaum laki-laki, ada ilmuwan perempuan yang penemuannya diakui dunia. Dia adalah Dr. rerum Naturalium Evvy Kartini. Perempuan ini berhasil menemukan alat penghantar listrik berbahan gelas dengan teknik hamburan neutron yang berbeda sepuluh kali lipat dari bahan sebelumnya.

Penemuannya itu berhasil dicetuskan ketika Evyy magang di Hahn Meitner Institute (HMI) di Berlin, Jerman, 1990. Evvy dibimbing ahli hamburan neutron Prof. Dr. Ferenc. Tahun 1996, melalui kolaborasinya dengan Ilmuwan Kanada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini