Electronic Arts Hadirkan Perubahan Besar untuk Game FIFA 21

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Sabtu 15 Agustus 2020 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 15 16 2262668 electronic-arts-hadirkan-perubahan-besar-untuk-game-fifa-21-v3iYi1VgKp.jpg (Foto: Somag News)

JAKARTA – Game FIFA 20 memiliki beberapa kekurangan yang cukup disayangkan penggemar. Namun Electronic Arts (EA) tidak mau mengulang masalah yang sama untuk seri terbaru FIFA 21 yang akan dirilis. Setelah menghapus dua opsi selebrasi pemain, kali ini game tersebut mendapatkan pembaruan lain melalui fitur career mode.

Dilansir Comicbook, fitur career mode baru untuk FIFA 21 ini akan mencakup peningkatan pengembangan pemain, simulasi pertandingan, hingga sistem transfer dan pelatihan baru.

Berikut ini rangkuman dari seluruh fitur baru yang harus Anda perhatikan jika tertarik memainkannya:

1. Simulasi dan Pengajuan Pertandingan

Simulasi ini akan memungkinkan pemain untuk mengambil pendekatan yang lebih taktis, membuat keputusan penting, dan menonton pertandingan dengan kecepatan dua kali lipat dari biasanya. Ini akan memungkinkan pemain untuk langsung beraksi pada momen tertentu – melompat keluar dan masuk dari game. Anda juga dapat memantau level statistik karakter.

Sementara itu, dalam game akan tersedia tiga opsi pertandingan yang dapat diajukan, yakni Play Match, Sim Match, dan Quick Match. Ketiga pilihan dilengkapi dengan informasi dan preview lawan sebelum keputusan pengajuan dilakukan.

2. Konversi posisi pemain

Anda dapat memindahkan dan melatih pemain di posisi berbeda dalam tim. Ini akan memberikan kontrol dan fleksibilitas yang lebih baik dari sebelumnya. Serupa dengan “pengembangan pemain”, Anda harus meningkatkan kemampuan tertentu yang sebelumnya tidak dimiliki karakter. Sebagai tambahan, pemain muda akan cenderung lebih mudah dipindahkan dibandinkan pemain veteran.

3. Ketajaman Pemain dan Pelatihan aktif

Ketajaman pemain berfungsi untuk menunjukkan kesiapan setiap anggota dan tim. Untuk meningkatkannya, setiap pemain dapat mengikuti latihan apapun sesuai dengan jenis latihannya. Ini dapat melibatkan 15 pemain sekaligus dan setiap hari akan diberikan 3 slot latihan yang dapat diubah. Sementara itu, setiap sesinya akan memiliki fokus berbeda, mulai dari pertahanan, mengoper, maupun menggiring bola.

4. Perkembangan dan Sistem Umpan Balik Pemain

Peningkatan kualitas pemain akan dipengaruhi oleh XP yang didapat. XP tersebut akan didistribusikan untuk setiap atribut yang dimiliki. Ini dapat difokuskan pada atribut mayor (penghasil OVR), keterampilan kaki, kemampuan bertahan atau menyerang, dan atribut yang mendorong spesialisasi.

Sama seperti permainan sungguhan, semua ini akan bergantung pada usia, kemampuan, potensi, bentuk, dan waktu bermain. Tidak hanya itu, FIFA 21 juga akan mendapatkan sistem umpan balik baru yang meliputi ketajaman pemain, moral, dan bermain di posisi favorit.

5. Opsi baru untuk transfer dan perbaikan

Terdapat tiga opsi baru yang ditawarkan, di antaranya Loan to Buy, opsi ini memungkinkan Anda untuk melakukan transfer pemain secara semi-permanen. Lalu ada AI Player Swaps Proposals yakni bertukar pemain dengan klub lain serta Contract Renewal Improvements atau pembaruan kontrak berdasarkan peringkat pemain.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

6. Fasilitas tambahan

Untuk yang satu ini, Electronic Arts melakukan cukup banyak perubahan kecil dari fitur tambahan yang ada dalam game. Ini setidaknya mencakup pembaruan untuk konferensi pers, tingkat moral pemain yang dipengaruhi kinerja sehingga akan lebih susah dibandingkan sebelumnya, negosiasi yang dipertegas, hingga pengunduran diri pemain akibat pensiun.

7. Perbaikan siaran

Ini akan meliputi full refresh dari paket overlay Ligue 1 Uber Prancis dan Ligue 2 BKT. Ada pula suasana ikonik mengikuti tim asli yang mengimplementasikan lagu kebangsaan, musik GOAL yang otentik, cita rasa lokal dengan empat bahasa meliputi Prancis, Italia, Jerman, dan Spanyol; hingga update atau kisah dari tim yang sedang bermain – ini akan disampaikan oleh komentator.

Itulah tujuh rangkuman dari pembaruan yang akan Anda dapatkan dalam FIFA 21 yang akan dirilis secara global pada 9 Oktober mendatang. Adapun game ini rencananya tersedia untuk PS4, Xbox One, PC, PS5, Xbox Series X, dan Nintendo Switch. Sementara itu untuk detail pembaharuan lainnya dapat Anda lihat pada laman resmi Electronic Arts.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini