Share

Roket Ariane 5 Meluncur Boyong 2 Satelit Komersial ke Orbit

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 16 2263832 roket-ariane-5-meluncur-boyong-2-satelit-komersial-ke-orbit-M1fXxKSl05.jpg (Foto: Slashgear)

JAKARTA - Pekan ini roket Ariane 5 lepas landas dari Guyana Prancis untuk mengirimkan space tug robotik dan sepasang satelit komersial di orbit. Peluncuran tersebut merupakan misi pertama Arianespace setelah mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19.

Di atas peluncuran roket itu terdapat tiga muatan buatan AS yang lepas landas dari zona peluncuran ELA-tiga di Guiana Space Center pada pukul 18:04 EDT. Roket Ariane 5 menghasilkan 2,9 juta pon daya dorong dari pendorong roket padat kembarnya dan tahap inti yang didukung hidrogen.

Mengutip Slashgear, sekitar satu jam setelah lepas landas, roket tersebut berhasil mengerahkan tiga satelit komersial. Peluncuran tersebut juga menandai upaya peluncuran orbit 300 yang dilakukan dari pelabuhan antariksa di Guyana Prancis sejak tahun 1970.

Karena mengalami masalah sensor pada tangki hidrogen tahap inti sehingga memaksa penundaan hanya dua menit sebelum lepas landas. Roket harus kembali ke gedung perakitannya untuk mengganti sensornya.

Sementara cuaca buruk mencegah peluncuran berikutnya dan mencoba menambahkan beberapa menit penundaan untuk peluncuran. Orbit tempat muatan ditempatkan lebih dari 22.000 mil di atas ekuator.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Satelit pertama yang dirilis adalah satelit Galaxy 30 seberat 7270 pon yang akan menyediakan layanan video dan televisi komersial di seluruh Amerika Utara. Muatan lain adalah pesawat ruang angkasa MEV-2 yang beratnya 6.338 pound.

Space tug akan membantu memperpanjang umur satelit yang sudah berada di orbit. Ada pula BSAT-4b yang akan digunakan untuk menyiarkan layanan televisi 8K dan 4K langsung ke rumah di Jepang.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini