Update Google Chrome Izinkan Website Pakai Mode Hemat Baterai

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 16 2263859 update-google-chrome-izinkan-website-pakai-mode-hemat-baterai-1KJ3NmIakV.jpeg (Foto: Ist)

JAKARTA - Peramban Google Chrome memiliki pengguna terbesar di pasar browser web. Sayangnya, peramban Google ini dinilai bisa menguras baterai laptop dengan cepat.

Google telah mencoba membuat kekurangan tersebut dapat diatasi, baik dalam pemasaran maupun pada tingkat teknis. Fitur yang akan datang akan menambah daftar fitur penghemat baterai yang terus bertambah. Ini diharapkan akan membuat beberapa situs web tidak menguras baterai Anda.

Melansir dari Slashgear, Chrome akan bertanggungjawab untuk mengurangi efek situs dan aplikasi web yang cepat menguras baterai. Sebagian dari kesalahan pengurasan baterai akan diletakkan di situs web itu sendiri, terutama situs web dengan penggunaan Javascript dan sumber daya sistem yang tidak sesuai.

Satu eksperimen Chrome yang diungkapkan bulan lalu melibatkan secara praktis 'menidurkan' beberapa laman web saat berada di background, membatasi pengatur waktu Javascript yang tidak perlu menghabiskan proses CPU, dan ini menghabiskan daya baterai. Kali ini, Google memberi situs web opsi untuk "menyarankan" mode hemat daya yang akan digunakan Chrome.

 
Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Saat ini, bagaimana tepatnya opsi tersebut dapat bekerja masih belum jelas, tetapi situs web dapat menggunakan kode dan tag khusus untuk menandakan bahwa mereka ingin Chrome mengoptimalkan baterai atau CPU. Chrome dapat mengurangi framerate halaman atau memperlambat menjalankan skripnya untuk menghemat daya dan siklus CPU.

Hal penting lainnya, sistem baru ini juga akan memungkinkan halaman web untuk menyesuaikan kinerjanya tergantung pada apakah pengguna telah mengalihkan sistem operasi ke mode hemat daya. Ini akan membantu membuat aplikasi web, terutama Aplikasi Web Progresif atau PWA, menjadi lebih sadar akan mode baterai OS, dan berperilaku lebih seperti aplikasi asli.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini