Gunakan Roket Falcon 9, SpaceX Luncurkan 58 Satelit Starlink

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 16 2264567 gunakan-roket-falcon-9-spacex-luncurkan-58-satelit-starlink-R8bIUDao23.jpg (Foto: SpaceX)

JAKARTA – SpaceX kembali luncurkan misi rideshare ke lintasan orbit pada Selasa (18/8/2020). Perusahaan menggunakan roket Falcon 9 dua tahap, ini menandakan misi ke-14 tahun ini yang berhasil meluncur pada pukul 10:31 waktu setempat dari Space Launch Complex 40 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida.

Space melaporkan, dalam misi ke-14 ini Falcon 9 mengirimkan muatan dari dua buah perusahaan berbeda. Ini mencakup 58 satelit internet luar angkasa milik Starlink, dan tiga buah satelit Skysat milik Planet – perusahaan pencitraan bumi yang berbasis di California. Tercatat dengan ini SpaceX telah melakukan peluncuran kelintasan orbit sebanyak dua kali dalam waktu satu bulan.

Sebelumnya, SpaceX – menggunakan roket Falcon 9 – telah mengirimkan 57 satelit Starlink pada 7 Agustus. Maka total tercatat sudah ada 653 satelit internet luar angkasa yang membentuk konstelasi broadband Starlink di lintasan orbit sejak peluncuran satelit pada Mei 2019. Ini akan semakin mendekatkan Starlink pada tujuan menyediakan akses internet broadband dan aplikasi militer secara global.

Tidak hanya Starlink, Planet selaku penumpang lainnya juga tercatat memiliki jaringan terbesar kedua setelah Starlink. Bedanya ini diperuntukkan untuk mencitrakan Bumi dari luar angkasa.

Baca juga: Mengenal Istilah NFC pada Smartphone Android

Spaceflight Now melaporkan bahwa tiga buah satelit Skysat itu nantinya akan bergabung dengan 150 armada lain yang sudah ada di lintasan orbit.

Misi ke-14 kali ini juga menjadi prestasi tersendiri untuk SpaceX. Misi ke-14 kali ini telah menandakan peluncuran ke-99 dari perusahaan tersebut.

Selain itu, booster tahap pertama B1049 yang digunakan roket Falcon 9 kali ini juga telah mencatat rekor baru sebagai penggunaan keenam yang pertama. Sebelumnya booster itu juga telah berhasil meluncurkan misi Starlink lain seperti Telstar 18 VANTAGE dan Iridium-8.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini