Peneliti Temukan Awan Gas Dingin Keluar dari Inti Bima Sakti

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Jum'at 21 Agustus 2020 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 16 2264943 peneliti-temukan-awan-gas-dingin-keluar-dari-inti-bima-sakti-rb4NnX3xfy.jpg (Foto: Space)

JAKARTA - Pusat Bima Sakti adalah rumah bagi Sagitarius A*, black hole supermasif yang tenang. Wilayah tersebut memiliki fenomena yang menarik dan beberapa kurang dipahami.

Kini, para astronom untuk pertama kalinya mengamati awan gas molekul yang dikeluarkan oleh inti gas galaksi kita. Awan atom telah diamati keluar dari Bima Sakti dalam beberapa dekade terakhir, dengan suhu berkisar dari jutaan hingga ribuan derajat.

Melansir dari IFL Science, kali ini para peneliti telah menemukan gas padat dingin dengan suhu jauh di bawah titik beku yang dikeluarkan dari pusat galaksi "seperti peluru". Seperti yang dilaporkan di Nature, peneliti tidak yakin bagaimana sebenarnya materi ini muncul.

Gas molekuler dingin terlihat mencapai kecepatan maksimum 330 kilometer per detik (sekitar 740.000 mil) pada jarak sekitar 8.000 tahun cahaya dari pusat Bima Sakti. Juga terlihat bersama dengan gas atom yang lebih hangat di sekitarnya, berpotensi mengganggu gas dingin.

Baca juga: Matahari Terbit dari Barat dalam Penjelasan Alquran dan Sains

Gas molekuler dingin merupakan komponen penting dalam nebula (awan gas dan debu) tempat terbentuknya bintang. Mungkin pembentukan bintang lainnya mendorong gas untuk keluar, atau mungkin Sagitarius A* dalam momen aktivitas langka membantu mendorongnya keluar.

Dr Di Teodoro, mengatakan galaksi kita sendiri hampir seperti laboratorium yang bisa kita masuki dan mencoba memahami cara kerja dengan melihatnya dari dekat. Teodoro juga menambahkan, mereka tidak tahu bagaimana black hole atau formasi bintang dapat menghasilkan fenomena yang terjadi ini, tetapi semakin rumit semakin peneliti ingin mempelajarinya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini