iPhone Bisa Deteksi Anda dalam Kondisi Mabuk, Dilarang Nyetir

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 21 Agustus 2020 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 16 2265036 iphone-bisa-deteksi-anda-dalam-kondisi-mabuk-dilarang-nyetir-iFDzynsdEB.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Mengendarai kendaraan sebaiknya dalam kondisi badan sehat dan tidak mabuk. Apabila seseorang mabuk karena pengaruh alkohol, maka hal ini akan membahayakan diri dan orang lain, terlebih bila ia tengah mengendarai kendaraan.

Seseorang mungkin tidak sadar bahwa dirinya mabuk dan teknologi bisa membantu Anda menginformasikan keadaan diri Anda. Teknologi tersebut pada ponsel pintar, iPhone yang tampaknya tengah dipelajari oleh peneliti di University of Pittsburgh.

Mereka menemukan bahwa melalui penggunaan sensor iPhone tertentu, seperti akselerometer internal, mereka dapat menangkap ciri-ciri tertentu dari pengguna yang mungkin menjadi indikator terlalu mabuk untuk mengemudi, dikutipĀ Ubergizmo.

Hal ini didasarkan pada gaya berjalan pengguna, di mana peneliti menemukan bahwa ada gaya berjalan tertentu yang unik pada orang saat mereka mabuk.

Baca juga: Mengenal Istilah NFC pada Smartphone Android

Mereka menguji teori dan menemukan bahwa dalam pengujian, mereka berhasil mencapai peringkat akurasi 90%. Para peneliti mencatat bahwa ini merupakan bukti studi konsep yang bertentangan dengan pengembangan aplikasi yang sebenarnya.

Tes juga dilakukan dalam kondisi terkontrol, dan para peneliti mencatat bahwa ini didasarkan pada pengguna yang meletakkan ponsel mereka di punggung bawah, seperti di saku belakang atau tas, yang berarti bahwa itu mungkin tidak seakurat jika orang tersebut memegang ponsel mereka.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini