Comeback Blackberry di 2021 Bakal Usung Ponsel 5G QWERTY

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 21 Agustus 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 16 2265497 comeback-blackberry-di-2021-bakal-usung-ponsel-5g-qwerty-23t79vvnyc.jpg BlackBerry. (Foto: Screenrant)

JAKARTA – Blackberry memang cukup kehilangan pamornya dalam beberapa tahun terakhir. Terlebih setelah ponsel layar sentuh mendapatkan perhatian di kalangan masyarakat.

Meski begitu, Blackberry akan kembali hadir di tengah masyarakat mulai pada 2021 mendatang di pasar Amerika dan Eropa. Mengutip Endgadget, perusahaan startup keamanan asal Amerika Serikat, OnwardMobility telah mengumumkan kerjasama mereka dengan BlackBerry Limited dan FIH Mobile Limited, anak perusahaan Foxconn Technology Group.

Melalui kerjasama ini, mereka berencana untuk menghadirkan ponsel Blackberry terbaru yang dapat mendukung jaringan 5G. Namun tidak mengusung konsep layar sentuh, ponsel tersebut akan tetap menghadirkan keyboard QWERTY.

“BlackBerry sangat senang OnwardMobility akan menghadirkan perangkat smartphone BlackBerry 5G dengan keyboard fisik yang memanfaatkan standar tinggi kepercayaan dan keamanan yang identik dengan merek kami,” ucap CEO BlackBerry John Chen dalam sebuah pernyataan, dikutip Endgadget.

Blackberry

Proyek ponsel BlackBerry memang bukan hal baru. Dilaporkan Screenrant, pada 2016 BlackBerry juga memiliki proyek kerjasama untuk menghadirkan ponsel baru bersama TCL Communication.

Proyek tersebut berhasil melahirkan beberapa perangkat baru dalam waktu empat tahun. Sayangnya, pada Februari lalu TCL secara resmi tidak memperpanjang peroyek dan seluruh produk berhenti dijual.

Sementara itu, keyboard QWERTY yang akan hadir tahun depan juga telah hadir pada produk TCL dan berhasil dijual sebanyak 850.000 unit. Meski jumlah itu tidak sebanding dengan kesuksesan pada masa keemasan Blackberry, sehingga OnwardMobility nampak harus dapat memikat lebih banyak dari itu jika BlackBerry tidak ingin gagal lagi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini