Chrome OS Bakal Dukung Sinkronisasi Password Wifi dengan Ponsel Android

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Sabtu 22 Agustus 2020 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 22 16 2265620 chrome-os-bakal-dukung-sinkronisasi-password-wifi-dengan-ponsel-android-VMlvDuFyyB.jpg (Foto: Google)

JAKARTA – Memasukkan kata sandi untuk mengakses WiFi memang hal yang sederhana. Namun akan cukup merepotkan jika Anda memiliki banyak perangkat. Untuk memudahkan, tahun ini Google berencana untuk merilis fitur baru bagi pengguna Chrome OS dan Android.

Dilansir 9to5Google, melalui fitur baru yang akan dirilis, pengguna Chrome OS dan Android dapat melakukan sinkronisasi kata sandi dari WiFi yang dimiliki. Sinkronisasi ini akan berlaku pada perangkat Chromebook dan ponsel. Adapun hal ini tampaknya akan menjadi perluasan dari strategi “Better Together” milik Google.

Sebelumnya, fitur sinkronisasi kata sandi memang sudah pernah dibuat oleh Google. Namun sayangnya fitur tersebut baru tersedia untuk perangkat Chromebook dan Tablet Chrome OS saja. Sehingga cakupannya memang masih sangat terbatas, tidak seperti yang akan dihadirkan.

Selain itu, menurut unggahan dari pengembang OS pada laman Chromium, fitur baru ini nantinya akan bersifat dua arah. Itu artinya kata sandi WiFi akan tersimpan baik pada ponsel maupun perangkat Chromebook selama kedua perangkat sudah saling terhubung sebelumnya.

Baca juga: Mengenal Istilah NFC pada Smartphone Android

9to5Google juga melaporkan bahwa fitur baru ini akan memiliki sedikit perbedaan lainnya. Sebelumnya fitur sinkronisasi akan berfungsi layaknya sinkronisasi bookmark pada browser Chrome yang diakses pengguna pada berbagai perangkat. Namun untuk yang satu ini sistemnya akan serupa dengan pengaturan “Connected Devices”, di mana serupa dengan menangani Smart Lock dan Phone Hub, fitur ini akan memanfaatkan koneksi Bluetooth.

Untuk saat ini belum ada konfirmasi lebih lanjut kapan fitur tersebut akan benar-benar hadir untuk pengguna. Selain kenyataan bahwa fitur masih dalam tahap pengembangan. Akan tetapi jika mengacu pada pembaruan yang akan datang, maka paling cepat akan hadir saat Chrome OS 87 dirilis pada Desember mendatang.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini